nusabali

Inggris Menang, Southgate Puji Bellingham

  • www.nusabali.com-inggris-menang-southgate-puji-bellingham

Gol itu melengkapi penampilan gemilang Bellingham malam itu. Namun, secara kolektif, Inggris gagal menyamai standar yang diterapkan Jerman dan Spanyol saat kedua negara kuat itu memenangi laga pembukaan.

SCHALKE, NusaBali
Jude Bellingham mengemas gol semata wayang untuk membawa timnas Inggris menang 1-0 atas Serbia dalam pertandingan Grup C Piala Eropa 2024 di Veltins Arena, Gelsenkirchen,  Schalke, Senin (17/6) dinihari WITA. 

Kemenangan itu membawa The Three Lions memuncaki klasemen sementara Grup C dengan koleksi tiga poin, sedangkan Serbia berada di posisi keempat atau terakhir dengan nol poin, demikian dikutip dari laman resmi UEFA.

Gol tunggal Bellingham tercipta pada menit ke-13 saat gelandang Real Madrid itu menanduk bola kiriman Bukayo Saka, untuk melengkapi penampilan gemilangnya malam itu. Namun, secara kolektif, Inggris gagal menyamai standar yang diterapkan Jerman dan Spanyol saat kedua negara kuat itu memenangi laga pembukaan.

Ekspektasi terhadap Inggris di turnamen utama jarang dipatok sangat tinggi, terlebih mereka hanya memenangi satu dari lima laga sebelumnya. Catatan itu termasuk kekalahan 0-1 dari Islandia pada pertandingan pemanasan terakhir mereka sebelum terbang ke Jerman.

Setelah gol Bellingham, Inggris tampil dominan pada sisa babak pertama, meski tanpa dapat menciptakan peluang berbahaya. Meski demikian, pelatih timnas Inggris Gareth Southgate mengaku cukup puas dengan penampilan anak-anak asuhannya yang menang tipis 1-0 atas Serbia itu.

“Kami menggunakan bola dengan sangat baik. Pada babak kedua, kami tidak bermain sebaik yang kami perlukan, tetapi untuk meraih kemenangan dan memulai dengan yang kami miliki merupakan hal yang benar-benar penting,” kata Southgate, di laman resmi UEFA.

Penampilan Inggris terlihat kurang meyakinkan sebagai salah satu tim yang digadang-gadang menjadi kandidat juara Piala Eropa 2024. Selain catatan lima upaya dan tiga upaya yang mengarah ke gawang, penyerang andalan Harry Kane hanya mampu mengukir satu peluang dari sundulannya yang ditepis kiper Predrag Rajkovic pada babak kedua.

Southgate pun menilai Serbia memang lawan yang tangguh untuk dihadapi. Bahkan, kata Southgate, timnya sedikit menderita, tapi mampu bertahan di kotak penalti saat di bawah tekanan. Menurutnya, laga tersebut benar-benar penting bagi tim.

Southgate juga tidak segan memuji Bellingham, yang gol tunggalnya mengamankan kemenangan Inggris atas Serbia. Menurutnya, Bellingham akan menulis naskahnya sendiri. Pengaturan waktu berlaridan permainan saat membangun gol juga sangat baik. 

“Pada momen-momen lain, semua pemain depan kami terlihat berbahaya dan melakukan pekerjaan yang bagus untuk tim,” kata eks pemain Aston Villa itu.

Di sisi lain, Bellingham sangat bersyukur karena dapat mencetak gol penentu kemenangan bagi The Three Lions. Dia berharap laga kali ini menjadi dasar bagi penampilan yang bagus timnya.

“Rasanya benar-benar istimewa dapat mencetak gol bagi Inggris, khususnya yang memberi kami kemenangan dan tiga poin,” ujar pemain Real Madrid itu.

Inggris selanjutnya akan menghadapi Denmark pada Kamis (20/6) depan, sebelum menutup fase grup dengan bertemu Slovenia pada Rabu (26/6). Sedang Polandia akan menghadapi Slovenia (20/6) dan Denmar (26/6). ant

Komentar