nusabali

Perbekel Gulingan Cup Jadi Ajang Jaring Bibit Pecatur Badung

  • www.nusabali.com-perbekel-gulingan-cup-jadi-ajang-jaring-bibit-pecatur-badung

MANGUPURA, NusaBali - Kejuaraan catur tebuka Perbekel Gulingan Cup dibuka Sekda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bersama Ketua KONI Badung, Made Nariana, di Aula SD I Gulungan, Mengwi, Minggu (16/6) siang. Ajang tersebut sebagai pencarian bibit atlet potensial di Gumi Keris itu.

Dalam sambutannya, Sekda Adi Arnawa mengatakan, pihaknya akan lebih memperhatikan dunia olahraga, selain seni-budaya dan adat budaya. Dia pun mengapresiasi Perbekel Gulingan yang melaksanakan kegiatan olahraga. khususnya Lomba Catur Terbuka dan diikuti banyak peserta termasuk dari luar negeri dan luar Bali. 

"Nantinya Kami akan menjadikan olahraga tulang punggung pembangunan di Badung, selain sektor lain seperti seni-budaya, agama, dan adat istiadat sebagai penunjang pariwisata," kata Adi Arnawa.

Menurut Adi Arnawa, kini Badung melalui KONI sudah melaksanakan sport tourism, sehingga potensi dan sektor olahraga lebih banyak menarik wisatawan atau turis olahraga ke Bali atau Badung. Menunjang berbagai kegiatan itu, Adi Arnawa mengaku akan memikirkan membangun pusat olahraga atau sport center. 

"Sehingga kejuaraan atau pertandingan olahraga ke depannya tidak lagi menggunakan sekolah-sekolah, tapi secara terpusat," ungkap birokrat asal Desa Pecatu, Badung ini.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Badung Made Nariana dalam sambutannya mengatakan, sangat senang Klub catur Benteng Mataram di Desa Gulingan langsung gaspoll menggelar kejuaraan terbuka, meski baru saja berdiri lima bulan lalu. 

Berkat pembinaan Perbekel Gulingan mampu mendatangkan pecatur luar negeri dan sejumlah daerah di Indonesia. Nariana mengatakan, Cabor Catur Badung akan dapat merekrut atlet pemula dari kejuaraan-kejuaraan tersebut, sehingga prestasinya semakin meningkat. 

Perbekel Desa Gulingan I Ketut Winarya menerangkan, olahraga merupakan hal positif yang ingin dikembangkan di desanya. Bahkan daerahnya memiliki potensi bidang olahraga. Banyak atlet Bali muncul dari desa tersebut dan dia mengharapkan pemerintah memberikan fasilitas lahan untuk membangun GOR. 

Pada kejuaraan terbuka Catur Perbekel Gulingan Cup I itu diikuti 153 peserta, terdiri atas kalangan umum, pelajar SMP dan SMA dan Sekolah Dasar. Kegiatan berlangsung selama dua hari sampai Senin (17/6). Hadir dalam acara pembukaan Ketum Percasi Badung Wayan Tirta, perwakilan Camat Mengwi, Jro Bendesa Gulingan dan para klian di daerah tersebut. Dalam kejuaraan itu, Sekda Adi Arnawa memberikan hadiah uang sebesar Rp 30 juta. dar

Komentar