nusabali

Mangkir dari Rapat KIM Plus, Putuskan Koalisi dengan PDIP

Golkar Tabanan Tak Pernah Kapok

  • www.nusabali.com-mangkir-dari-rapat-kim-plus-putuskan-koalisi-dengan-pdip

TABANAN, NusaBali - Sempat dipanggil DPD I Golkar Provinsi Bali karena tidak hadir dalam pembentukan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus untuk Pilkada Tabanan 2024 beberapa waktu lalu, DPD II Golkar Tabanan yang dikomandani Nyoman Wirya bermanuver lagi.

Terbaru, dalam gelaran rapat KIM Plus di Kantor DPC Gerindra Tabanan, Sabtu (15/6) malam, Ketua DPD II Golkar Tabanan, Nyoman Wirya dan jajarannya tidak hadir alias mangkir lagi. Bahkan, Golkar Tabanan meletupkan berkoalisi dengan PDI Perjuangan di Pilkada Tabanan 2024.

Walaupun rapat KIM Plus Tabanan tetap berjalan pada Sabtu malam, namun situasi ini mencoreng konsistensi Partai Golkar yang sejak awal menggulirkan Kim Plus bakal linier sampai ke kabupaten/kota. Rapat KIM Plus tetap berlangsung dengan menghasilkan tiga point. 

Tiga point yang dihasilkan adalah pertama; koalisi sepakat dibentuk. Kedua, KIM Plus Tabanan segera melaksanakan audiensi ke KIM Plus Provinsi Bali. Selanjutnya, yang ketiga, KIM Plus Kabupaten Tabanan siap melaksanakan penjaringan bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Tabanan. 

Foto: KIM Plus Tabanan saat rapat di Kantor Gerindra Tabanan, Sabtu (15/6). -IST

Sementara atas ketidakhadirannya di KIM Plus, pihak DPD II Golkar Tabanan telah mengirim surat kepada koordinator KIM Plus. Dalam surat tersebut intinya Golkar menginginkan adanya calon yang jelas terlebih dahulu. 

Apabila calon belum ada kejelasan maka Golkar tetap akan melakukan komunikasi politik seluas-luasnya termasuk akan berkoalisi dengan partai politik manapun di Tabanan tanpa terkecuali. 

Nah, Minggu (16/6) DPD II Golkar Tabanan langsung menggelar rapat pleno. Hasilnya, Golkar Tabanan akan koalisi dengan PDI Perjuangan untuk Pilkada Tabanan 2024. 

Ketua DPD II Golkar Tabanan, Nyoman Wirya mengatakan, keputusan pleno DPD II adalah berkoalisi dengan PDIP adalah baru internal di Tabanan saja. “Keputusan ini baru internal saja, nanti akan kami serahkan kepada DPD I Golkar Bali. Setelah itu dilanjutkan ke DPP, nanti kan DPP memutuskan,” ujar Wirya dihubungi NusaBali, Senin (17/6).

Anggota Fraksi Golkar DPRD Bali Dapil Tabanan ini mengatakan, Kim Plus di Tabanan sampai saat ini belum ada paslon yang diusung. “Kami di Golkar maunya yang jelas-jelas saja. Kalau nggak jelas kita buka koalisi dengan partai manapun bisa. Besok (hari ini,red) saya ke DPD I Golkar Provinsi Bali. Saya akan sampailkan keputusan pleno di Tabanan,” ujar Wirya.n nat,des

Komentar