nusabali

Waspadai Hungaria, Jerman Tatap Babak 16 Besar

  • www.nusabali.com-waspadai-hungaria-jerman-tatap-babak-16-besar

BERLIN, NusaBali - Laga Timnas Jerman dan Timnas Hungaria akan tersaji di MHPArena (Stuttgart Arena) pada matchday 2 Grup A Euro 2024. Pertandingan Jerman vs Hungaria ini akan kick-off Rabu (19/6) pukul 23.00 WIB atau Kamis (20/6) dinihari pukul 00.00 Wita.

Jerman dan Hungaria melalui laga pertama mereka dengan hasil yang kontras. Jerman, yang di turnamen kali ini bertindak sebagai tuan rumah, menghancurkan Skotlandia. Sebaliknya, Hungaria kalah dari Swiss dengan skor 1-3. Dimotori Toni Kroos, yang mengendalikan permainan dari lini tengah, Jerman mengawali langkah dengan kemenangan telak 5-1 atas Skotlandia. Lima gol Jerman dicetak oleh Florian Wirtz, Jamal Musiala, Kai Havertz (penalti), Niclas Fullkrug, dan Emre Can.

Sementara itu, Hungaria tampil buruk saat melawan Swiss, terutama di babak pertama. Kebobolan dua gol sebelum jeda, Hungaria sempat menipiskan selisih skor melalui gol Barnabas Varga di menit 66. Namun, Hungaria kebobolan gol ketiga di injury time. Ketika melumat Skotlandia, Jerman tampil begitu dominan, baik dalam hal penguasaan bola maupun penciptaan peluang. Dengan 10 shots on target, Jerman seharusnya bisa menang dengan skor lebih telak. Jerman bisa saja mengulangi permainan dominan itu di laga kedua. Untuk itu Hungaria harus bermain jauh lebih baik jika tak ingin bernasib sama seperti Skotlandia.

Timnas Jerman menatap babak 16 Besar Euro 2024 jika memenangkan laga kedua melawan Hungaria ini. Namun mereka juga harus waspada , para pemain timnas Jerman dituntut harus tetap fokus untuk pertandingan melawan Hungaria. Hal ini berkaca dari tiga pertemuan terakhir melawan Hungaria, Jerman tidak pernah menang. Pada duel yang terjadi di Piala Eropa 2020 pada 23 Juni 2021 Jerman ditahan imbang 2-2 oleh Hungaria. Kemudian pada pertandingan di UEFA Nations League pada 11 Juni 2022, Jerman juga ditahan imbang 1-1 oleh Hungaria. Dan pertemuan terakhir kedua tim, Jerman kalah 0-1 di ajang UEFA Nations League pada 23 Sep 2022. 

Pelatih Hungaria Marco Rossi mengakui anak asuhnya membuat terlalu banyak kesalahan dalam kekalahan hari Sabtu dari Swiss di Cologne. Namun mengingat kemampuan Hungaria baru-baru ini untuk menggagalkan lawan yang paling sulit, ia mungkin yakin bisa mengecewakan tuan rumah turnamen di Stuttgart. Sedangkan Pelatih Jerman, Julian Nagelsmann mengatakan, timnya tahu pertandingan melawan Skotlandia adalah langkah awal yang baik. Dia rasa tidak masuk akal untuk memberitakan kehati-hatian setelah kemenangan seperti itu. “Saya ingin memberi tim energi sebanyak mungkin, tapi saya juga menyalurkan energi mereka,” ujarnya.

Dia mengatakan, pekerjaan sangat menyenangkan saat ini dan Jerman akan mencoba tampil pada level yang sama pada hari pertandingan. “Kami perlu memenangkan lebih banyak pertandingan jika kami ingin mencapai tujuan kami,” ujarnya. 7


PERKIRAAN PEMAIN

Q Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kimmich, Tah, Rudiger, Mittelstadt; Andrich, Kroos; Musiala, Gundogan, Wirtz; Havertz. Pelatih: Julian Nagelsmann.

Q Hungaria (3-4-2-1): Gulacsi; Orban, Lang, Szalai; Bolla, Nagy, Schafer, Kerkez; Sallai, Szoboszlai; Varga. Pelatih: Marco Rossi.

Komentar