nusabali

Sekaa Gong Kebyar Wanita Duta Klungkung Tampil Atraktif

  • www.nusabali.com-sekaa-gong-kebyar-wanita-duta-klungkung-tampil-atraktif

SEMARAPURA, NusaBali - Sekaa Gong Kebyar Wanita Komunitas Budaya Sanggar Seni Baswaram duta Kabupaten Klungkung tampil atraktif dalam parade gong kebyar wanita Pesta Kesenian Bali (PKB) di panggung Arda Candra, Denpasar, Selasa (18/6) malam.

Tampil bersama duta Kabupaten Gianyar dan duta Kabupaten Karangasem, sekaa gong kebyar wanita duta Kabupaten Klungkung menyuguhkan 3 penampilan di hadapan ratusan penonton.

Penampilan pertama, Sekaa Gong Kebyar Wanita Baswaram membawakan tabuh kreasi dolangan. Dolangan istilah lokal tahun 1970-an yang berarti ombak kecil setelah ombak besar terjadi. 

Jika dianalogikan dalam kehidupan manusia terutama seorang wanita, maka kehidupan manusia sering mengalami perubahan seperti ombak. Sifat seorang wanita yang lembut dan dianggap lemah akan terus mencoba sampai mengetahui makna sesungguhnya.

Penampilan kedua, duta Kabupaten Klungkung menampilkan tari kreasi Subak Pemakbak. Karya yang diciptakan pada tahun 2009 saat Festival Lomba Tari Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta ini juga pernah ditampilkan di PKB tahun 2011. 

Subak Pemakbak adalah sebuah tari yang diiringi nyanyian alam dari deburan ombak, percikan air telaga irigasi, benturan antara baja cangkul dengan setangkai bambu pengusir burung-burung pemakan padi. 

Penampilan pamungkas, duta Kabupaten Klungkung menyajikan Karawitan Sandya Gita Anyar Karuna Puja. Kasih sayang ibu dan ayah berdasar pada emosional komposer sebagai seorang anak diimplementasikan pada karya ini. 

Harmoni dan disharmoni musikal terjalin menciptakan sebuah komposisi musik, lantunan-lantunan nada kasih sayang pada ibu dan ayah yang secara utuh tersirat dalam Sandya Gita Anyar bertajuk ‘Karuna Puja’. 

Penampilan duta Kabupaten Klungkung memukau penonton yang memadati panggung terbuka Arda Candra. Penampilannya disaksikan sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Klungkung. Kadis Kebudayaan Klungkung, I Ketut Suadnyana mengapresiasi penampilan atraktif Sekaa Gong Kebyar Wanita Komunitas Budaya Sanggar Seni Baswaram. 

“Kami dari Pemerintah Kabupaten Klungkung menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas penampilan gong kebyar wanita duta Kabupaten Klungkung pada Pesta Kesenian Bali tahun 2024,” ujar Suadnyana. 7 wan

Komentar