nusabali

Bupati Tamba Rencanakan Tata Kawasan Yeh Leh

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-rencanakan-tata-kawasan-yeh-leh

NEGARA, NusaBali - Bupati Jembrana I Nengah Tamba berencana menata kawasan Yeh Leh di Desa Pengeragoan, Kecamatan Pekutatan. Kawasan ini dikenal sebagai wajah pintu masuk Kabupaten Jembrana. Rencana penataan tersebut bertujuan untuk menjadikan kawasan Yeh Leh lebih representatif dan memikat sebagai pintu masuk perbatasan Jembrana dengan Kabupaten Tabanan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tamba usai meninjau kawasan Yeh Leh, Rabu ( 19/6). Bupati Tamba mengatakan, sekilas kawasan Yeh Leh saat ini tampak sudah cukup bagus. Namun dirinya menilai wajah pintu masuk Jembrana ini masih kurang representatif untuk mendukung visi Jembrana Emas 2026.

"Kawasan Yeh Leh juga sangat ramai dikunjungi warga maupun pelintas sehingga sudah layak ditata ulang," ujar Bupati Tamba didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana I Wayan Sudiarta.

Bupati Tamba merencanakan agar kawasan Yeh Leh memiliki tampilan yang lebih cantik, dengan pemandangan pantai yang jelas terlihat dari jalan raya. Selain itu juga akan menyediakan fasilitas yang nyaman dan bersih seperti toilet dan kantin modern, namun tetap mempertahankan nuansa lokal dan pedesaan. 


Di samping itu, juga akan diberikan akses yang lebih luas bagi warga yang hendak beristirahat di kawasan setempat. Pelebaran akses itu juga menghindari penumpukan parkir yang dikhawatirkan membahayakan lalu lalang kendaraan di jalan raya, termasuk memberikan kesempatan pengunjung lebih aman menikmati keindahan pantai Yeh Leh .

"Kami ingin memastikan bahwa hospitality yang ditawarkan di sini bisa memberikan pengalaman yang memuaskan bagi pengunjung," ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana ini.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menyampaikan, rencana penataan kawasan Yeh Leh ini akan segera dimatangkan. Terutama dari sisi kesiapan anggaran. "Jika anggaran tahun ini tidak memungkinkan, kami akan mengajukan rencana ini pada induk anggaran 2025," ujar Bupati Tamba.

Terkait tempat melasti yang sebelumnya berada di Yeh Leh, kini telah dipindah ke wilayah Rest Area Pengeragoan. Sehingga penataan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mewujudkan Jembrana sebagai destinasi yang tidak hanya indah tetapi juga nyaman dan ramah bagi semua pengunjung.

"Kami akan menata area ini dengan baik. Termasuk memperpanjang trotoar hingga lima meter untuk memberikan ruang lebih bagi pengunjung yang ingin bersantai," ucap Bupati Tamba.7ode

Komentar