nusabali

SMPN 1 Bebandem Kawinkan Gelar Juara Kepramukaan

  • www.nusabali.com-smpn-1-bebandem-kawinkan-gelar-juara-kepramukaan

AMLAPURA, NusaBali - Regu pramuka putra dan putri dari SMPN 1 Bebandem, Karangasem, berhasil mengawinkan gelar juara Lomba KSC (Karangasem Scout Competition) Karangasem untuk tingkat penggalang. Setelah mencatat skor tertinggi, kedua regu ini menjadi terbaik hingga berhak mewakili Karangasem dalam BSC (Bali Scout Competition) Juli 2024.

"Ya, regu putra dan putri SMPN 1 Bebandem, sebagai juara Lomba Pionering KSC Karangasem tahun 2024, berhak mewakili Karangasem di BSC," jelas anggota dewan juri Lomba Pionering Ni Nengah Arniti di Amlapura, Rabu (19/6).

Regu putra pionering SMPN 1 Bebandem menjadi yang terbaik setelah mengantongi skor 261,50, untuk di penilaian, ketepatan waktu saat mengerjakan satu model bangunan, kekuatan bangunan, ketepatan ikatan dan simpul dan kreativitas.

Tiga dewan juri memberikan penilaian, I Nengah Purna, I Kadek Dwi Krisna Aditya dan Ni Nengah Arniti. Peringkat II nomor pionering putra itu dimenangkan Kontingen Kecamatan Kubu skor 260,00, dan juara III Kontingen Kecamatan Selat skor 251,20, yang diwakili SMPN 3 Selat.Sedangkan nomor pionering putri, juaranya juga dimenangkan SMPN 1 Bebandem dengan skor 266,15. 

Kasek SMPN 1 Bebandem Ni Wayan Parwati mengapresiasi prestasi anak didiknya mampu menjadi yang terbaik baik di nomor putra maupun nomor putri.

Selama ini lanjut, Ni Wayan Parwati, pramuka di SMPN 1 Bebandem di bawah pembina Dewa Ayu Yuliari, dan Ni Made Dwi Ary Purnami, sebagai Ketua Regu Putri Ni Made Dea Karisma, dan Ketua Regu Putra I Made Surya Desta.

"Sebenarnya mengikuti KSC Kabupaten Karangasem 2024, tanpa melalui seleksi, dari Kwaran Gerakan Pramuka Kecamatan Bebandem, menunjuk SMPN 1 Bebandem," jelas Ni Wayan Parwati.

Kepercayaan itu dibuktikannya denagn menjadi yang terbaik. Prestasi ini dirasakannya sangat membanggakan, tetapi sementara menanggung beban, untuk tampil lebih baik di BSC selanjutnya. Sebab, di BSC nanti sebagai wakil Karangasem bersaing dengan peserta terbaik dari Kabupaten/Kota se-Bali.

Sedangkan di lomba mobile legends penegak putra, juara I Kontingen Karangasem, juara II Kontingen Kecamatan Sidemen dan juara III Kontingen Kecamatan Bebandem.

Pemenang lomba mobile legends putri, juara I Kecamatan Manggis, juara II Kecamatan Karangasem dan juara III Kecamatan Sidemen.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karangasem Ida Bagus Putu Suastika mengapresiasi antusias peserta yang menjadi utusan delapan kecamatan bersaing dan menunjukkan hasil pelatihan terbaik selama ini. 

"Secara kualitas hasil lomba meningkat, para pemenang nantinya menerima trofi, piagam dan uang pembinaan di puncak HUT Pramuka, 14 Agustus di Lapangan Tanah Aron Amlapura," jelasnya.7k16 

Komentar