nusabali

Turki Libas Georgia, Guler Pecahkan Rekor CR7

  • www.nusabali.com-turki-libas-georgia-guler-pecahkan-rekor-cr7

DORTMUND, NusaBali - Bintang muda Arda Guler (19 tahun) menjadi pembicaraan berkat performa luar biasa saat membantu Turki melibas Georgia 3-1 di Euro 2024. Bintang belia Real Madrid itu mencetak gol indah dan memecahkan rekor Cristiano Ronaldo.

Ya, Turki sukses meraih kemenangan 3-1 atas Georgia dalam laga pembuka Grup F Piala Eropa (Euro) 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Selasa (18/6) malam. Selanjutnya Turki akan menghadapi Portugal di Signal-Iduna Park, Sabtu (22/6) malam WITA.

Satu dari tiga gol Turki dicetak Arda Guler dengan spektakuler. Yakni, tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti yang meluncur ke pojok kanan gawang Georgia. Usai laga, Guler pun mengatakan dirinya sering melatih tendangan jarak jauh setiap akhir sesi latihan.

 "Saya sangat bahagia, sulit untuk menggambarkannya. Saya sering bermimpi mencetak gol seperti ini. Belakangan saya sering melatih tendangan ini di akhir sesi latihan," ujar pemain Real Madrid itu pada Rabu (19/6).

Gol itu juga menjadikan Arda Guler sebagai pemain remaja pertama yang mencetak gol pada debutnya di Euro sejak Cristiano Ronaldo pada tahun 2004 saat berusia 19 tahun 128 hari. Rekor CR 7 itu bertahan dalam lima edisi Euro berbeda, sampai Guler memecahkannya di Euro 2024 ini.

Arda Guler sudah menjalani debut profesional bersama Fenerbahce di usianya yang baru 16 tahun. Setahun kemudian, dia dipercaya mengenakan jersey nomor punggung 10 selepas kepergian Mesut Ozil.

Performa Guler kian mengilap hingga Real Madrid kepincut dan merekrutnya pada Juli 2023 dengan biaya awal mencapai 20 juta euro.

Sayang, karier Arda Guler di Real Madrid sedikit terhambat cedera. Namun, dia masih mampu mencetak enam gol dalam 12 penampilan bersama Los Blancos di musim 2023/2024.

Selama 79 menit di lapangan, Guler melepas 38 umpan tepat sasaran dari 41 kali percoban. Dia juga lima kali menciptakan peluang, termasuk dua peluang emas. Guler empat kali memenangi duel dan menciptakan satu gol indah yang berpotensi jadi gol terbaik Euro 2024. *

Komentar