nusabali

Dinas Perikanan Badung Serahkan Paket Olahan Ikan di Desa Jagapati

  • www.nusabali.com-dinas-perikanan-badung-serahkan-paket-olahan-ikan-di-desa-jagapati
  • www.nusabali.com-dinas-perikanan-badung-serahkan-paket-olahan-ikan-di-desa-jagapati
  • www.nusabali.com-dinas-perikanan-badung-serahkan-paket-olahan-ikan-di-desa-jagapati

MANGUPURA, NusaBali.com - Dinas Perikanan Kabupaten Badung melanjutkan program penyerahan paket ikan tahap kelima di Kabupaten Badung. Setelah di Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, kali ini program penyerahan paket olahan ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang berkolaborasi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Badung tersebut menyasar masyarakat Desa Jagapati, Kecamatan Abiansemal, Kamis (20/6).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Wantilan Pura Puseh, Desa Jagapati tersebut, diserahkan sebanyak 150 paket olahan ikan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Badung, I Nyoman Suardana kepada balita, anak-anak, serta ibu hamil. 

Suardana mengatakan, program penyerahan paket ikan kali ini memasuki tahap kelima dari total 10 locus yang menjadi target sasaran kegiatan di Kabupaten Badung tahun 2024. 

“Program ini bertujuan untuk menindaklanjuti keputusan pemerintah pusat untuk mencegah stunting. Target sasarannya ditunjukkan kepada ibu hamil, balita, dan calon pengantin,” ujarnya.

Menurutnya, tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Badung baru 38,64 kg persen per tahun. Artinya masing-masing orang baru mengkonsumsi ikan sebanyak 38 kg per orang per tahunnya. Kondisi ini masih rendah dibanding dengan di negara Jepang yang sudah 120 kg per orang per tahun. “Kami berharap agar masyarakat gemar mengkonsumsi ikan karena kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan sangatlah tinggi,” terangnya.

Lebih lanjut Suardana menambahkan, paket ikan yang diserahkan yakni olahan ikan lele dan ikan nila. Dipilihnya kedua jenis ikan ini karena kaya akan protein yang diperlukan bagi tumbuh kembang anak. Tidak hanya itu, ikan lele dan nila merupakan hasil budidaya kelompok-kelompok ikan yang ada di Kabupaten Badung yang dikoordinir oleh kelompok pemasar Tunjung Putih di Desa Kekeran.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung yang diwakili oleh Wakil Ketua Pokja III Ni Made Suati menyampaikan, gerakan memasyarakatkan makan ikan ini merupakan program pemerintah yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan kecerdasan dan derajat kesehatan masyarakat. 

“Mengingat makan ikan sangat baik bagi kesehatan, saya mengajak seluruh masyarakat Badung mulai dari anak-anak hingga dewasa untuk membiasakan makan ikan. Melalui pemberian satu paket olahan ikan bagi masyarakat potensi stunting, ibu hamil dan balita diharapan tingkat konsumsi ikan semakin meningkat,” ajaknya. @ind

Komentar