nusabali

Semarak Pandawa Akan Berlangsung Awal Juli

  • www.nusabali.com-semarak-pandawa-akan-berlangsung-awal-juli
  • www.nusabali.com-semarak-pandawa-akan-berlangsung-awal-juli

MANGUPURA, NusaBali - Festival tahunan Semarak Pandawa akan berlangsung 5-7 Juli 2024. Selama festival berlangsung, pengelola Objek Wisata Pantai Pandawa memastikan tak akan menaikkan harga tiket kunjungan, artinya tetap sama seperti biasanya.

“Selama kegiatan Semarak Pandawa, kunjungan untuk umum ke DTW Pantai Pandawa akan tetap sama. Tiket kunjungan masih berlaku normal, yaitu Rp 8.000 untuk dewasa domestik dan Rp 4.000 untuk anak-anak domestik, serta Rp 15.000 untuk dewasa asing dan Rp 10.000 untuk anak-anak asing,” ujar Manager Pengelola Objek Wisata Pantai Pandawa I Wayan Letra, Kamis (20/6) siang.

Selain harga tiket masuk yang tetap, tarif parkir di Pantai Pandawa juga tidak mengalami perubahan. Biaya parkir untuk sepeda motor adalah Rp 2.000, untuk mobil Rp 5.000, dan untuk bus Rp 10.000. Sementara itu, bagi peserta Culture Run yang merupakan bagian dari rangkaian acara Semarak Pandawa, tiket lari dibanderol seharga Rp 200.000 per orang.

Terkait kesiapan venue untuk pelaksanaan acara, Letra menjelaskan persiapan akan dimulai pada 25 Juni 2024. “Persiapan akan kami mulai 25 Juni mendatang, yang mana stage utama akan berlokasi di depan Kantor DTW Pantai Pandawa atau di lahan parkir utama,” jelas Letra.

Terpisah, Direktur Utama BUMDA Kutuh Ni Luh Hepi Wiradani, mengatakan akan kembali menyelenggarakan Semarak Pandawa. Salah satu sorotan utama adalah parade budaya yang akan mengawali rangkaian acara pada hari pembukaan. Tidak hanya itu, pada 7 Juli 2024, festival ini juga akan menggelar Culture Run, sebuah kegiatan sport tourism yang diadakan atas kolaborasi dengan BPD Bali. Acara lari ini rencananya akan dibuka oleh Bapak Penjabat (Pj) Gubernur dan turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang juga dijadwalkan ikut berlari bersama peserta lainnya.

“Culture Run ini rencananya dibuka oleh Bapak Pj Gubernur. Selain itu, Pak Menteri Sandiaga Uno juga rencana ikut berlari,” ungkap Hepi Wiradani.

Untuk menarik minat anak-anak muda, lanjut Hepi, festival Semarak Pandawa tahun ini juga akan menampilkan acara cosplay yang diharapkan menjadi daya tarik tersendiri. “Secara umum, pertunjukan yang kami suguhkan hampir sama dengan sebelumnya. Hanya saja, kali ini kami berusaha menghadirkan yang lebih diminati oleh anak-anak muda, seperti cosplay,” tambahnya.

Berbagai atraksi seni budaya lainnya juga akan dihadirkan selama tiga hari pelaksanaan festival ini. Salah satu atraksi utama yang akan menjadi penutup acara setiap harinya adalah Tari Kecak. Selain hiburan dan kegiatan budaya, festival Semarak Pandawa juga menyediakan layanan kesehatan gratis bagi para pengunjung.

“Dalam Semarak Pandawa nanti juga akan ada pemeriksaan kesehatan gratis atas kerja sama dengan Rumah Sakit Surya Husadha, yang pasti juga nanti akan ada tenant-tenant kuliner,” kata Hepi Wiradani. 7 ol3

Komentar