nusabali

Jerman Tim Pertama Lolos 16 Besar

Statistik Luar Biasa, Cetak Tujuh Gol dan Kebobolan Sekali

  • www.nusabali.com-jerman-tim-pertama-lolos-16-besar

Itu juga penampilan defensif yang baik, dari penjaga gawang dan seluruh tim. Semua pemain memberikan segalanya, mereka saling mendorong satu sama lain sehingga kami tidak kebobolan.

STUTTGART, NusaBali
Timnas Jerman memastikan diri menjadi skuad pertama yang lolos ke fase knockout atau babak 16 besar Euro 2024. Kepastian itu diraih usai anak asuh Julian Nagelsmann mengalahkan Hungaria 2-0, di Stuttgart Arena, yang berakhir Kamis (20/6) dinihari Wita. Dua gol Jerman dicetak Jamal Musiala dan Ilkay Gundogan.
 
Der Panzer pun lolos ke fase knockout dengan membawa catatan fantastis. Ya, pada dua laga awal Euro 2024, Jerman sukses sapu bersih kemenangan. Sebelumnya mereka mengandaskan Skotlandia 5-1. Kini Jerman mencetak total tujuh gol dan kebobolan satu gol. 

Pelatih Jerman Julian Nagelsmann pun merasa bangga dengan pencapaian anak asuhnya. Karena menurutnya bukan cuma cetak gol, saat melawan Hungaria, anak asuhnya bisa menjaga gawang tetap clean sheets. 

"Ekspektasi di stadion dan di ruang ganti adalah tiga poin, dan kami berhasil meraihnya. Itu juga penampilan defensif yang baik, dari penjaga gawang dan seluruh tim. Semua pemain memberikan segalanya, mereka saling mendorong satu sama lain sehingga kami tidak kebobolan," kata Julian Nagelsmann.
 
Sementara itu, kapten tim Jerman Ilkay Gundogan memuji Jamal Musiala (21 tahun) sebagai pemain terpenting Der Panzer usai menyumbang satu dari dua gol kemenangan Jerman 2-0 atas Hungaria. Musiala juga dinobatkan sebagai "man of the match" saat Jerman melindas Skotlandia 5-1 pada laga pembuka pekan lalu.

"Bagi saya, Musiala luar biasa. Sungguh menyenangkan bermain bersamanya. Dia seseorang yang bisa melakukan hal tak terduga dalam setiap situasi dan bisa membuat perbedaan bagi tim kami," kata Ilkay Gundogan.

Sedangkan Nagelsmann yang mengorbitkan Jamal Musiala saat melatih Bayern Muenchen pada periode 2021–2023 mengatakan mengenal Jamal di Bayern dan sekarang. Dia harus terus bermain dengan teman-temannya dan tidak boleh memikirkan tekanan. 

“Jamal melakukan pekerjaan brilian untuk hari ini, seperti yang dilakukan saaat lawan Skotlandia," kata Nagelsmann.

Kemenangan itu membuat Jerman lolos ke babak 16 besar setelah meraih enam poin. Sedangkan Hungaria harus memenangkan laga terakhir lawan Skotlandia bila ingin lolos fase berikutnya sebagai peringatan tiga terbaik

Pada laga lawan Swiss tidak menentukan  lagi bagi Jerman pada Senin (24/6) dinihari, pukul 03.00 WITA. Meski laga itu tidak berpengaruh terhadap nasib Jerman, Swiss masih butuh kemenangan demi tiket lolos ke fase knockout. ant
 
Susunan Pemain
Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Antonio Rudiger, Jonathan Tah, Maximilian Mittelstadt, Robert Andrich (Emre Can 72'), Toni Kroos, Jamal Musiala (Chris Fuhrich 72'), İlkay Gundogan (Deniz Undav 83'), Florian Wirtz (Leroy Sane 58'), Kai Havertz (Niclas Fullkrug 58')
Hungaria (3-4-2-1): Peter Gulacsi, Marton Dardai, Willi Orban, Attila Fiola, Milos Kerkez (Zsolt Nagy 75'), Andras Schafer, Adam Nagy (Laszlo Kleinheisler 64') Bendeguz Bolla (Martin Adam 75'), Dominik Szoboszlai, Roland Sallai, Barnabas Varga.

Komentar