nusabali

Hubner Absen, Elkan Baggott Berpeluang Kembali ke Timnas

  • www.nusabali.com-hubner-absen-elkan-baggott-berpeluang-kembali-ke-timnas

JAKARTA, NusaBali - Bek klub Premier League Ipswich Town, Elkan Baggott diisyaratkan berpeluang dipanggil Timnas Indonesia untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai pada September 2024. Timnas kehilangan Justin Hubner akibat akumulasi kartu kuning.

Elkan Baggott sendiri tak masuk skuad Indonesia dalam dua laga terakhir putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Juni 2024. Pelatih Indonesi, Shin Tae-yon, tidak menyertakannya diduga buntut mangkirnya Elkan Baggott saat Timnas U-23 membutuhkannya dalam play-off Olimpiade 2024 pada Mei 2024.

Ya, Indonesia pasti kehilangan Justin Hubner untuk matchday pertama putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bek asal Cerezo Osaka di Liga Jepang itu dalam akumulasi kartu. Justin menerima kartu kuning saat Timnas menang 1-0 atas Vietnam pada 21 Maret 2024 dan mengalahkan Filipina 2-0 pada 11 Juni 2024.

"Saya rasa hubungan Shin Tae-yong dengan Elkan Baggott oke-oke saja. Ini kan soal pilihan pelatih saja, cocoknya di mana," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

Sementara itu, Arya Sinulingga juga memberikan kabar terbaru terkait polemik perpindahan federasi Maarten Paes dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) di FIFA.

Meski sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak April 2024, peralihan asosiasi Maarten Paes masih terganjal Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

"Ketika diturunkan dalam pertandingan resmi terakhirnya dalam kompetisi apa pun untuk asosiasinya saat ini, ia belum menginjak usia 21 tahun," bunyi Statuta FIFA Pasal ke-9.

Maarten Paes pernah enam kali bermain untuk Timnas Belanda U-21, dan penampilan terakhirnya terjadi dalam usia 22 tahun saat melawan Belarusia dalam Kualifikasi Euro U-21 2021 pada 15 November 2020.

Maarten Paes lahir di Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998. Garis keturunannya mengalir dari neneknya dari Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Dengan mengumpulkan bukti-bukti, PSSI banding ke Pengadilan Arbitrasi Olahraga atau CAS agar Maarten dapat membela Timnas Indonesia pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada September 2024. *

Komentar