nusabali

Polandia Berharap Lewandowski Pulih

Ujian Andriy Lunin saat Ukraina Hadapi Slovakia

  • www.nusabali.com-polandia-berharap-lewandowski-pulih

BERLIN, NusaBali - Euro 2024 Grup D memanas, khususnya saat Polandia menghadapi Austria pada matchday kedua di Olympiastadion Berlin, Jumat (21/6) malam, pukul 24.00 WITA.  Ya, Polandia yang baru saja kalah 1-2 dari Belanda harus segera bangkit jika ingin lolos ke fase gugur.

Harapan mereka kini bertumpu pada kesembuhan sang pencetak gol terbanyak, Robert Lewandowski (35 tahun). Lewandowski cedera paha saat laga persahabatan melawan Turki. 

Meski masuk daftar cadangan saat lawan Belanda, pelatih Michal Probierz memutuskan untuk tidak memainkannya. 

“Dia (Lewandowski) mudah-mudahan bisa bermain melawan Austria. Dia pemain yang sangat penting bagi kami,” ujar Probierz.

Probierz melihat potensi di balik kekalahan tersebut. Dia melihat tim telah menunjukkan mampu bermain sepak bola dengan sangat baik. Juga memiliki banyak peluang.

Saya meminta para pemain tetap optimistis. Kami mampu melawan siapa saja, semua pemain percaya kami bergerak ke arah yang benar,” kata Probierz.

Austria juga bernasib sama, tumbang 0-1 dari Prancis akibat gol bunuh diri Max Wober. Austria kesulitan menembus pertahanan Prancis yang dominan. Austria paham laga nanti kesempatan emas untuk meraih kemenangan. 

“Lawan Polandia akan jadi laga yang menentukan. Siapapun yang menang akan memiliki peluang besar untuk lolos. Kami tahu ini akan sulit dan pertandingan kedua akan menjadi penentu,” ujar pelatih Austria Ralf Rangnick.

Pelatih asal Jerman itu menegaskan pemilihan pemainnya melawan Polandia tidak akan terpengaruh oleh lima kartu kuning yang didapatkan pemainnya saat menghadapi Prancis. 

“Kami fokus ke depan dan akan melakukan segalanya pada hari Jumat untuk memenangkan pertandingan,”kata Rangnick.

Sementara itu, Slovakia dan Ukraina juga akan berjibaku pada matchday 2 Grup E, di Merkur Spiel-Arena (Dusseldorf Arena),  Dusseldorf, Jumat (21/6) malam, pukul 21.00 WITA.

Slovakia dan Ukraina meraih hasil yang kontras pada laga pertama mereka. Slovakia secara mengejutkan menang 1-0 atas Belgia, sedangkan Ukraina kalah 0-3 dari Rumania.

Kiper Ukraina, Andriy Lunin membuat kesalahan terjadinya dua dari tiga gol Rumania.  

Lawan Slovakia akan menjadi ujian berat Lunin. Selain teledor di belakang, Ukraina melempem di lini depan. Meski memiliki pemain top, seperti Mykhailo Mudryk dan Artem Dovbyk, Ukraina gagal menjebol gawang Rumania.

Di lain pihak, Slovakia sebenarnya kalah dominan dari Belgia. Namun, pertahanan yang disiplin dan ketangguhan kiper Martin Dubravka, serta penyelesaian akhir yang sedikit lebih baik membuat Slovakia keluar sebagai pemenang. *

Komentar