nusabali

Peringati Bulan Bung Karno, Pemkab Gianyar Gelar Lomba Pidato

  • www.nusabali.com-peringati-bulan-bung-karno-pemkab-gianyar-gelar-lomba-pidato

GIANYAR, NusaBali - Memperingati dan memeriahkan Bulan Bung Karno VI Provinsi Bali tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menggelar lomba pidato tingkat SMP se-Kabupaten Gianyar di Balai Budaya Gianyar, Jumat (21/6).

Acara dibuka Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Ketut Mudana. Tema kegiatan, ‘Refleksi Budaya Demokrasi Dalam Bingkai Pancasila’. Lomba pidato diikuti 25 peserta perwakilan SMP dari 7 kecamatan. 

Dewan juri I Wayan Sudarmika dari Komando Daerah Militer 1616 Gianyar, Dewa Ngakan Putu Manuaba dari Dinas Pendidikan Gianyar, I Nyoman Wirta dari Forum Pembauran Kebangsaan, dan I Gusti Ngurah Bagus Krisna Vijaya dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Gianyar. 

Ketua Panitia, Cok GP Darmayuda mengatakan, lomba Pidato Bulan Bung Karno VI 2024 tingkat SMP se-Kabupaten Gianyar tertuang dalam Program Penguatan Ideologi Pancasila dan Karakter Kebangsaan yang diampu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gianyar. 

Tahapan kegiatan mulai tanggal 4 April 2024 dengan melaksanakan rapat persiapan dan pembentukan panitia lomba. Sosialisasi ke sekolah-sekolah, pendaftaran peserta, verifikasi peserta lomba, dan technical meeting. 

Lomba ini untuk menggali potensi dan meningkatkan karya-karya nyata siswa yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, masyarakat, lingkungan, dan Pemerintah Kabupaten Gianyar di bidang public speaking. 

“Secara khusus tujuan lomba ini untuk memeriahkan Bulan Bung Karno dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila di kalangan siswa serta mengenang kembali jasa Bung Karno dalam menggali nilai-nilai luhur Pancasila,” jelas Cok Darmayuda. 

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Ketut Mudana yang membacakan sambutan Pj Bupati Gianyar mengatakan lomba pidato merupakan ajang bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dan menggali potensi generasi muda, khususnya siswa-siswi di Kabupaten Gianyar. 

Para siswa merupakan bibit-bibit pemimpin masa depan bangsa. Punya fungsi dan peran yang sangat strategis untuk mencapai tujuan pembangunan nasional, khususnya di Kabupaten Gianyar. 

“Dalam suasana Bulan Bung Karno mari kita tingkatkan pengamalan nilai-nilai Pancasila yang sudah diletakkan dengan kokoh dan penuh perjuangan serta tantangan oleh Bung Karno,” pesan Ketut Mudana. 7 nvi

Komentar