nusabali

Polres Tabanan Tanam 1.500 Bibit Pohon

  • www.nusabali.com-polres-tabanan-tanam-1500-bibit-pohon

TABANAN, NusaBali - Ribuan pohon ditanam oleh jajaran Polres Tabanan, serangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-78, Jumat (21/6). Penanaman pohon serempak dilakukan di masing-masing kecamatan.

Sebagai pamungkas kegiatan penanaman pohon dilakukan di Banjar Adat Dukuh Buahan, Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan. Penanaman dipimpin langsung Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes. 

"Kami siapkan 1.500 pohon berbagai jenis untuk ditanam serempak bersama dengan polsek di 10 kecamatan," ujar Kapolres Leo. 

Menurutnya, kegiatan penanaman pohon dilakukan ini bagian dari hari Bhayangkara yang puncaknya diselenggarakan pada 1 Juli 2024 nanti. "Kami berharap pohon yang ditanam dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat," tegasnya. 

Tak hanya penanaman pohon, pada hari yang sama juga dilakukan Lomba Satkamling tingkat Polda Bali. Kabupaten Tabanan diwakili Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur. 
Penilaian lomba meliputi kelengkapan pos kamling dan perorangan, aktivitas petugas, kemampuan personel, serta sisi administrasi. 

Tim penilai juga disuguhi keterampilan baris berbaris dari petugas Satkamling. Selain itu, ada beragam simulasi berbagai gangguan kamtibmas yang bisa terjadi kapan saja. Seperti adanya kasus penjambretan, laka lantas, kebakaran ataupun jika terjadi tsunami, mengingat desa Beraban dekat dengan pantai. 

Kasat Binmas Polres Tabanan, Kompol I Nengah Widia mengatakan Satkamling merupakan peran serta masyarakat yang bertujuan meningkatkan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

Dipilihnya Satkmaling Beraban mewakili Polres Tabanan, karena dinilai sudah siap untuk memenuhi semua kriteria penilaian baik dari struktur yang lengkap. Termasuk keberadaan (bentuk) pos kamling yang sama di masing-masing banjar. 

"Desa ini sudah beberapa kali mengikuti lomba bahkan sejak tahun 80 an, dan juga pernah maraih juara tingkat nasional. Ini menandakan warga disini siap menerima program pemerintah apapun bentuknya. Termasuk kerjasama seluruh stakeholder terjalin baik sampai saat ini,"terang Kompol Widia.7des

Komentar