nusabali

Forkomdewi Harapkan Perbanyak Aktivitas di Kawasan ‘Pinggiran’

  • www.nusabali.com-forkomdewi-harapkan-perbanyak-aktivitas-di-kawasan-pinggiran

DENPASAR, NusaBali - Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkomdewi) Bali I Made Mendra Astawa, harapkan pemerintah bersama stakeholder terkait perlu memperbanyak kegiatan di kawasan ‘pinggiran’.

Tujuannya melakukan pemerataan kunjungan wisatawan, sehingga tidak numplek di kawasan Bali selatan yang selama ini dianggap sebagai kawasan utama wisata.

“Kami melihat, itulah cara untuk mengembangkan dan membangkitkan potensi pariwisata di area-area ‘pinggiran’ yang selama ini masih jauh dari sentuhan,” ujar Mendra, Jumat (21/6).

Dengan memperbanyak aktivitas seperti kegiatan seni, budaya dan event terkait lainnya, lanjut Mendra diharapkan berdampak pada kawasan-kawasan tersebut. “Dengan demikian akan sejalan dengan salah satu tujuan pariwisata untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat,” tegas tokoh pariwisata kelahiran Singaraja ini.

Menurut Mendra, kawasan seperti di Karangasem, Buleleng, Jembrana, Bangli, Klugkung dan Tabanan masih banyak memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata. Hanya karena minimnya ada program kegiatan, sehingga potensi itu tidak tereksplore.

Pemerataan pengembangan pariwisata ini, lanjut Mendra, tentu membagi beban bagi kawasan wisata yang dianggap sudah overload di kawasan Bali selatan. “Pariwisata Bali jangan terkesan menoton. Padahal potensi lain masih banyak,” ujarnya. 7 k17

Komentar