nusabali

SEA Games Prioritas PSSI, Piala AFF Sasaran Antara

  • www.nusabali.com-sea-games-prioritas-pssi-piala-aff-sasaran-antara

JAKARTA, NusaBali - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut prestasi timnas sepakbola Indonesia di SEA Games 2025 tetap menjadi prioritas PSSI, sedangkan Piala AFF 2024 merupakan sasaran antara.

Piala AFF 2024 akan berlangsung pada November-Desember 2024. Sedangkan pada akhir tahun Indonesia akan memainkan enam laga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, yang terentang mulai 5 September sampai 19 November.

“Untuk SEA Games dan AFF kita masih menunggu putusan AFF dan juga SEA Games itu usia berapa yang akan dimainkan di SEA Games. Jadi memang SEA Games menjadi target juga buat kita, tentu salah satu membentuk tim jangka panjang melalui beberapa event kompetisi salah satunya AFF,” kata Erick Thohir, di Jakarta, Kamis (20/6).

Pada SEA Games, sejak 2001 ditetapkan peraturan pembatasan usia pemain, maksimal 23 tahun. Meski sempat pula terjadi perubahan pada SEA Games 2017 dan 2023 yang mematok usia maksimal 22 tahun. Sedangkan untuk Piala AFF, tidak ditetapkan pembatasan usia maksimal pemain. Sehingga umumnya, tim-tim peserta menurunkan tim senior.

Erick sendiri menginginkan pembibitan pemain muda tetap berlangsung dengan tidak lagi memanggil para pemain muda yang pernah membela timnas senior, untuk kembali memperkuat tim kelompok umur.

Sementara itu, operator PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memastikan Piala Indonesia tidak bergulir musim depan. Direktur PT LIB Ferry Paulus mengatakan fokus PT LIB saat ini melakukan pembenahan kompetisi Liga Indonesia sehingga sejumlah turnamen seperti Piala Indonesia tidak digelar pada 2024/2025.

Lebih jauh Erick Thohir juga menegaskan, penerapan club licensing dari PT LIB kepada klub-klub peserta Liga 1 dilakukan agar klub-klub Indonesia dapat mengikuti standar Asia.

Sebelumnya Ferry Paulus mengatakan dari seluruh klub peserta Liga 1 musim 2024/2025, baru ada delapan klub yang lolos persyaratan club licensing AFC. Sedangkan enam klub lolos dengan status Granted with Sanction, yakni Bali United, Borneo FC, Madura United, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, dan PSM Makassar. ant

Komentar