nusabali

Kesiman Petilan Meriahkan Bulan Bung Karno dengan Berbagai Lomba

  • www.nusabali.com-kesiman-petilan-meriahkan-bulan-bung-karno-dengan-berbagai-lomba

DENPASAR, NusaBali.com - Desa Kesiman Petilian, Denpasar Timur, menggelar berbagai lomba dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung pada 16-17 Juni 2024 ini diikuti oleh berbagai kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Pada hari pertama (Minggu, 16/6/2024), kegiatan diawali dengan lomba puisi dan bersih-bersih bantaran Sungai Ayung. Lomba puisi diikuti oleh para pelajar dari berbagai sekolah di Desa Kesiman Petilian, sedangkan kegiatan bersih-bersih bantaran sungai melibatkan seluruh elemen masyarakat.

"Kegiatan bersih-bersih bantaran sungai ini dimaksudkan untuk memacu semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan," ujar I Wayan Adi Saputra, selaku Ketua Karang Taruna Jagra Winangun sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Lomba Kegiatan Bulan Bung Karno Desa Kesiman Petilian.

Pada hari kedua (Senin, 17/6/2024), kegiatan dilanjutkan dengan parade senam Sicita yang diikuti oleh ibu-ibu PKK se-Desa Kesiman Petilian. Parade ini dimeriahkan dengan alunan musik dan kostum yang menarik.

Selain itu, pada hari kedua juga diadakan lomba vlog dan video dokumenter. Lomba ini diikuti oleh para pemuda-pemudi di Desa Kesiman Petilian dengan mengangkat tema perjuangan kemerdekaan dan nilai-nilai Pancasila.

"Adanya lomba vlog dan video dokumenter ini dimaksudkan untuk mengenal sejarah bagi generasi muda, khususnya generasi milenial saat ini, agar mereka mampu berkembang dan menciptakan inovasi baru dengan memanfaatkan teknologi tanpa melupakan nilai-nilai perjuangan," jelas Adi Saputra.

Adi Saputra mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap kegiatan Bulan Bung Karno tahun ini semakin meningkat. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba dan banyaknya masyarakat yang hadir untuk menonton.

"Perubahan dan perkembangan yang saya dapat lihat dimana dari tahun ke tahun justru di tahun ini masyarakat bertambah boom, dan semangat mereka antusias dalam mengikuti kegiatan-kegiatan desa di Kesiman petilan," ujarnya.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan patriotisme di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

"Semoga ke depan kegiatan tingkat desa dalam bulan Karno dapat terus ditingkatkan dan terus dikembangkan sejalan dengan perkembangan perubahan zaman yang terus berkembang. Dan dari adanya kegiatan ini tentunya semoga memberikan nilai positif bagi masyarakat," harap Adi Saputra.

Kegiatan Bulan Bung Karno di Desa Kesiman Petilian merupakan salah satu contoh nyata bagaimana semangat nasionalisme dan patriotisme dapat ditumbuhkan melalui berbagai kegiatan yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat. *m03

Komentar