nusabali

Lomba Ikan Mas Koki Bali Mina Ayung Koki Bali Sukses Digelar

  • www.nusabali.com-lomba-ikan-mas-koki-bali-mina-ayung-koki-bali-sukses-digelar

DENPASAR, NusaBali.com - Komunitas Mina Ayung Koki Bali sukses menggelar Lomba Ikan Mas Koki Bali #1. Acara yang diadakan di Banjar Kayangan, Desa Peninjoan, Peguyangan Kangin, Denpasar Utara ini pada Minggu (16/6/2024), merupakan event pertama yang diselenggarakan oleh komunitas ini dan mendapat antusiasme yang tinggi dari para pecinta ikan mas koki di Bali.

Lomba ini dibuka oleh Bendesa Adat Peninjoan, Wayan Suastika, dan dihadiri oleh Perbekel Peguyangan Kangin, Bendesa Adat Peninjoan, Kelian Banjar Kayangan, Kepala Dusun Banjar Kayangan, dan Ketua Asosiasi Koki Bali.

Lomba ini diadakan dengan tujuan untuk melestarikan ikan mas koki Bali. “Kami juga ingin memperkenalkan ikan mas koki Bali kepada masyarakat, dan memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat yang membudidayakan ikan mas koki Bali,” kata I Komang Adhi Trisna Saputra (24), Wakil Ketua Komunitas Mina Ayung Koki Bali.

Antusiasme peserta dalam mengikuti lomba ini sangatlah baik. Tercatat ada 157 ikan yang mengikuti lomba ini dan dibagi menjadi 6 kategori, yaitu Dewasa Sepak Empat Solid dan Kombinasi, Remaja Sepak Empat Solid Dan Kombinasi, Sepak Tiga, dan Sepak Dua.

Peserta lomba datang dari berbagai daerah di Bali dan luar Bali. Kriteria penilaian dalam lomba ini berdasarkan pakem/bentuk ikan mas koki yang telah disahkan oleh Asosiasi Koki Bali, meliputi bentuk body ikan, mata yang simetris, ekor dan sirip pektoral (sirip Dayung) serta sirip dorsal dan sirip anal bawah yang simetris.

Juri dalam lomba ini adalah juri yang telah disahkan oleh Asosiasi Koki Bali, yaitu I Made Aridanta Wedasmara, I Dewa Gede Suardana, dan Agus Nuni Andyan.

Melalui event ini diharapkan semakin banyak masyarakat yang membudidayakan ikan mas koki Bali agar ikan ini tetap lestari dan tidak punah. “Semoga ikan mas koki Bali dapat eksis di kancah internasional,” kata Komang Adhi.

Lomba ini memberikan kontribusi positif bagi perekonomian masyarakat sekitar, di mana masyarakat dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan berjualan di sekitar area acara. *m03

Komentar