nusabali

Jumpa Swiss, Jerman Berambisi Sapu Bersih

  • www.nusabali.com-jumpa-swiss-jerman-berambisi-sapu-bersih

FRANKFURT, NusaBali - Jerman berambisi sapu bersih kemenangan saat ‘menjamu’ Swiss pada matchday ketiga Grup A Piala Eropa 2024, di Deutsche Bank Park, Frankfurt, Senin (24/6) dini hari pukul 03.00 Wita. Laga tersebut juga menjadi batu ujian pelatih Julian Nagelmanns untuk memberi The Winning Team.

Ya, kini Jerman di memimpin Grup A dengan nilai 6, dan unggul dua poin atas Swiss yang di peringkat kedua dengan 4 poin. La Nati, julukan Swiss, butuh kemenangan untuk jadi juara grup. Jika gagal, apalagi kalah, maka Jerman yang akan menjadi juara grup.

Peluang Jerman menang di laga ini lebih terbuka. Selain faktor tuan rumah, dua kemenangan pada matchday awal membuat Toni Kroos dkk lebih percaya diri. Terlebih, mereka dipastikan lolos ke 16 besar terlepas dari hasil di matchday 3 nanti.

Jerman sukses menumbangkan Skotlandia 5-1 di laga pertama. Mereka juga melanjutkan tren positif melawan Hungaria dengan menang 2-0. Hasil itu membuat Die Mannschaft memastikan lolos ke 16 besar Euro 2024, tetapi masih membutuhkan poin untuk memastikan juara grup.

Finis di posisi teratas disebut gelandang Jerman, Toni Kroos, sangat penting untuk menunjukkan betapa kuat mereka ingin juara. Selain itu, mempertahankan tren positif juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pemain untuk mempertahankan performa serta melaju jauh di Piala Eropa 2024.

Di laman resmi DFB, Toni Kroos mengatakan, meraih kemenangan dan finis di peringkat pertama Grup A, menjadi target Jerman selanjutnya setelah memastikan lolos ke 16 besar. So, mereka akan tetap berupaya memberikan performa terbaik memetik kemenangan.

“Finis di peringkat pertama grup akan menjadi sesuatu yang penting bagi kami. Tidak ada alasan untuk tidak memberikan 100 persen,” kata Toni Kroos.

Di sisi lain Swiss juga tidak bisa diremehkan. Meskipun gagal menang atas Skotlandia pada matchday 2, La Nati selalu merepotkan Jerman dalam lima laga terkini. Bahkan, Die Mannschaft tidak pernah menang dalam tiga pertemuan terkini.

Terakhir kali Jerman menang atas Swiss pada laga uji coba 2008. Saat itu, Die Mannschaft menang telak 0-4, tetapi dalam dua pertemuan di UEFA Nations League 2020, kedua tim selalu bermain imbang.

Catatan bagus Swiss dalam beberapa laga lawan Jerman akan dicoba dipertahankan tim besutan Murat Yakin. Mereka hanya butuh satu poin untuk memastikan lolos ke 16 besar, meski memiliki peluang menjadi juara grup andai menang atas Jerman.

Kendati begitu, paling penting bagi Swiss saat ini lolos ke 16 besar dan berusaha tampil lebih baik di babak knock out. Keberhasilan menumbangkan Prancis pada Euro 2020 membuat Swiss menjadi salah satu tim kuda hitam yang diperhitungkan. 7

Perkiraan Susunan Pemain 

Swiss (3-4-1-2): Yann Sommer; Fabian Schär, Manuel Akanji, Ricardo Rodríguez; Silvan Widmer, Remo Freuler, Granit Xhaka, Michel Aebischer; Xherdan Shaqiri; Dan Ndoye, Ruben Vargas. Pelatih: Murat Yakin. 

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Joshua Kimmich, Antonio Rüdiger, Jonathan Tah, Maximilian Mittelstädt; Robert Andrich, Toni Kroos; Jamal Musiala, İlkay Gündoğan, Florian Wirtz; Niclas Füllkrug. Pelatih: Julian Nagelsmann.

Komentar