nusabali

Permudah Pamedek, Bangun Jalan Terusan Areal Bawah Pura Rambut Siwi

  • www.nusabali.com-permudah-pamedek-bangun-jalan-terusan-areal-bawah-pura-rambut-siwi

NEGARA, NusaBali - Pemkab Jembrana akan bangun jalan terusan menuju areal bawah kawasan suci Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi, Desa Yehembang Kangin, Kecamatan Mendoyo.

Pembangunan jalan ini guna memudahkan akses masyarakat untuk bersembahyang dan melaksanakan yadnya. 

Jalan tersebut akan menjadi akses penghubung menuju Pura Segara, Pura Goa Dasar, dan Pura Goa Tirta yang berada di kaki tebing Pura Luhur Rambut Siwi.

Hal tersebut disampaikan Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat turun meninjau rencana pembangunan jalan tersebut, Rabu (19/6). Rencana pembangunan jalan terusan dengan pagu anggaran sebesar Rp 3 miliar yang bersumber dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Badung. Rencana ini sudah selesai proses tender dan siap untuk segera digarap.

Bupati Tamba mengatakan, pihaknya mengupayakan pembangunan akses jalan tersebut setelah ada usulan pangempon Pura Dang Kahyangan Rambut Siwi. Termasuk usulan dari masyarakat umum ataupun para pamedek yang kerap kesulitan saat akan bersembahyang menuju beberapa Pura di bawah Pura Luhur Rambut Siwi.

"Saat melaksanakan persembahyangan, akses yang dilalui sangat sulit mengingat letak pura berada di kaki tebing. Setelah memperoleh hasil diskusi dan putusan seluruh pengempon dan masyarakat di sini, kita sepakat untuk membuatkan akses jalan turun ke pantai dan hari ini hasil tender sudah ada pemenangnya," ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan bahwa anggaran yang digunakan untuk pembuatan akses jalan tersebut berasal dari dana BKK Badung. "Kita ingin di samping akses jalan ini untuk kepentingan keagamaan, juga bisa sebagai destinasi wisata. Mengingat pemandangan yang disuguhkan sangat luar biasa sekali," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Jembrana I Wayan Sudiarta mengatakan, pembangunan akses jalan simpang Pura Luhur Rambut Siwi menuju 3 pura yang berada di kaki tebing itu sudah siap digarap. Pembangunan jalan itu ditargetkan sudah rampung dibangun di tahun 2024 ini. 

"Secara teknis, sudah sesuai perhitungan dan segi perencanaan. Untuk lebar jalan sendiri, kurang lebih 10 meter. Sehingga itu nanti sangat memudahkan akses lalu lintas pamedek saat melaksanakan persembahyangan, terutama saat piodalan," ujar Sudiarta.7ode

Komentar