nusabali

Kesbangpol Gelar Beragam Lomba

Peringatan Bulan Bung Karno di Kabupaten Klungkung

  • www.nusabali.com-kesbangpol-gelar-beragam-lomba

SEMARAPURA, NusaBali - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klungkung menggelar aneka lomba dan kegiatan serangkaian Bulan Bakti Bung Karno, Juni 2024. Di antaranya lomba masatua Bali antar kelurahan yang dipusatkan di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Kecamatan Klungkung, Kamis (20/6) pagi.

Para peserta cakap masatua Bali yang dikaitkan dengan pesan nilai-nilai kepemimpinan dan ketokohan Bung Karno. Para penonton sangat antusias menyaksikan penampilan para peserta.

Kapala Badan Kesbangpol Klungkung I Dewa Ketut Sueta Negara didampingi Kabid Wawasan Kebangsaan Ideologi dan Karakter Bangsa, Anak Agung Gde Anom, mengatakan kegiatan serangkaian Bulan Bakti Bung Karno ke-6 tahun 2024 juga sebagai implementasi Peraturan Gubernur Bali No 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. "Kami menindaklanjuti surat edaran Provinsi Bali mengacu Peraturan Presiden," ujar Dewa Sueta, Sabtu (22/6). 

Dalam ajaran Bung Karno, salah satunya berkepribadian dalam kebudayaan. Maka, bagian dari rangkaian acara sudah masuk di dalamnya yakni pelestarian alam dengan bersih pantai, penyeberan ikan, dan penanaman pohon upakara. "Kaitan seni dan budaya, kami menggelar lomba masatua Bali," ujar Dewa Sueta.

Kesbangpol Klungkung juga menggelar Speech Contest tingkat SMA/SMK/MI se-Kabupaten Klungkung terkait nilai perjuangan Bung Karno. Dengan harapan para siswa mampu mengingat sejarah dan ketokohan Bung Karno. "Beliau (Bung Karno) berkomitmen mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Makanya temanya Berdaulat Dalam Politik dan ditambahkan oleh provinsi ngrombo Pemilukada 2024," ujar Dewa Sueta.

Lomba lainnya yakni lomba tari Condong tingkat SMP/MTs, lomba mewarnai wayang klasik Kamasan tingkat TK, lomba baca puisi tingkat SD/MI, sosialisasi pemilihan kepala daerah, apel peringatan Hari Lahir Pancasila, penanaman pohon upakara, resik sampah plastik, donor darah, penebaran bibit tanaman, bibit ikan, dan lainnya.

Senin (24/6) hari ini menggelar kirab drumband Gita Abadi Praja Kampus IPDN Mataram di Kota Semarapura. Diawali start di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe menuju Jalan Diponegoro-Jalan Darmawangsa-Jalan Nakula-Jalan Puputan menuju catuspata, berakhir di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe. 7 wan

Komentar