nusabali

Sambut HUT ke-78 Bhayangkara, Polsek Kutsel Tanam 300 Bibit Mangrove

  • www.nusabali.com-sambut-hut-ke-78-bhayangkara-polsek-kutsel-tanam-300-bibit-mangrove

MANGAPURA, NusaBali - Dalam rangka memperingati HUT ke-78 Bhayangkara, Polsek Kuta Selatan (Kutsel) menggelar kegiatan bakti sosial, Minggu (23/6) pagi.

Jajaran Polsek Kutsel menanam sebanyak 300 bibit pohon mangrove di Pulau Pudut (Pulau Penyu), Jalan Setra Gandamayu, Lingkungan Banjar Anyar, Tanjung Benoa, Kuta Selatan.

Kegiatan ini mengusung tema ‘Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas’. Kegiatan ini melibatkan 50 personel gabungan dari Polsek Kutsel, unsur TNI, dan masyarakat setempat.

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolsek Kutsel Kompol I Gusti Ngurah Yudistira. Sebanyak 300 bibit pohon mangrove yang terdiri dari jenis Bakau Minyak (Rhizophora Apiculata), Bakau Hitam (Rhizophora Mucronata), dan Rhizophora Stylosa ditanam dalam upaya menghijaukan kawasan tersebut dan menjaga kebersihan lingkungan.

Kapolsek Kutsel menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerhati mangrove di Pulau Pudut atas fasilitasi dan partisipasinya dalam kegiatan ini. Dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap lingkungan dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk turut serta menjaga alam.

“Penanaman mangrove ini merupakan bentuk nyata dari implementasi tema HUT Bhayangkara ke-78. Polri yang presisi siap melayani dan berkomitmen menjaga stabilitas kamtibmas, serta turut berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan,” ujar Kompol Yudistira.

Sementara, Jero Mangku Nyoman Ridek, seorang pemerhati mangrove yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, mengatakan penanaman mangrove dilakukan dengan sistem kotak menggunakan media tanah subur yang tahan terhadap pasir laut, guna meningkatkan peluang hidup bibit mangrove. Dikatakan, mangrove memiliki berbagai fungsi penting, seperti menghasilkan oksigen, menyerap gas karbondioksida, mencegah abrasi, dan menyediakan habitat bagi ikan. Konservasi hutan mangrove juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dengan cara meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

Dia berharap penanaman bibit mangrove ini dapat menjadi pesan, pentingnya melestarikan lingkungan. Polri, selain bertugas menjaga keamanan masyarakat, juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan. 7 cr79

Komentar