nusabali

Beragam Seni Meriahkan HUT Kota Amlapura

  • www.nusabali.com-beragam-seni-meriahkan-hut-kota-amlapura

AMLAPURA, NusaBali - Beragam seni dipentaskan serangiaan puncak peringatan HUT ke-384 Kota Amlapura, di Lapangan Taman Budaya Chandra Bhuana, Jalan Kapten Gebun, Amlapura, Sabtu (22/6) sore. Dalam peringatan bertema "Jana Kerthi Wikrama" ini dipentaskan berbagai pertunjukan seni yang dikemas dalam Karnaval Budaya Peed Agung dan Genjek Jana Kerthi Wikrama.

Dibuka dengan musik tambur dan sungu yang mengiringi 600 siswa SMA/SMK sambil pembawa bendera merah putih memasuki jogging trek di kanan dan kiri Taman Budaya Chandra Bhuana. 

Menyusul musik gamelan disertai masuknya 384 penari pendet, saat pentas turut menari Nyonya Nuriasih Gede Dana (istri Bupati Karangasem), Nyonya Sarini Artha Dipa (istri Wakil Bupati Karangasem), Nyonya Nurhartini Sedana Merta (istri Sekda), istri OPD dan masyarakat umum.

Menari sekitar 8 menit, dilanjutkan pementasan Marching Band SD Insan Mandiri, SMP 2 Amlapura, dan SMA 1 Amlapura. Mereka membuat formasi sambil menari, dan menyanyi juga melakukan formasi barisan.

Menyusul 82 penari joged dari SMAN 1 Amlapura, tetapi tidak semua penari dapat pasangan untuk berjoged. Menari hanya sekitar 6 menit, kemudian muncul lagi sekelompok penari genjek dari SMPN 2 Abang, selain menari juga ada dialog, karena diselingi pementasan bonderes.

Penampilan berikutnya berupa pragmentari perjuangan AA Candra Bhuana, diiringi musik elektronik yang menggantikan gamelan. Para penari beralih ke gerakan yang lebih dinamis dan modern, menampilkan keahlian teknis dan inovasi yang memukau penonton.

Pertunjukan ini disaksikan Bupati Karangasem I Gede Dana, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem I Ketut Sedana Merta dan pimpinan OPD lainnya, selanjutnya Bupati I Gede Dana membuka pameran HUT Kota Amlapura, yang berlangsung hingga Minggu (30/6). "Selain masyarakat terhibur, juga dapat menyaksikan pameran pembangunan," jelas Bupati I Gede Dana.@k16

Komentar