nusabali

Hadapi Spanyol, Albania Tetap Andalkan Pemain Naturalisasi

  • www.nusabali.com-hadapi-spanyol-albania-tetap-andalkan-pemain-naturalisasi

DUSSELDORF, NusaBali - Albania tetap mengandalkan pemain naturalisasi saat menghadapi Spanyol pada matchday terakhir (ketiga) Grup B Euro 2024, di Merkur Spiel-Arena (Dusseldorf Arena), Selasa (25/6) dinihari, pukul 03:00 WITA. Betapa tidak, hampir seluruh pemain Albania lahir atau besar di negara-negara di Eropa.

Kini Albania masih mengintip peluang menggusur Italia dari peringkat dua, atau setidaknya menjaga peluang untuk lolos ke babak 16 besar sebagai satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Spanyol dengan 6 poin masih memimpin Grup B. Lalu diikuti Italia (3 poin), Albania (1 poin), dan Kroasia (1 poin). Spanyol pasti lolos ke 16 besar, sedangkan Albania punya peluang lolos, asalkan menang atas Spanyol dan Kroasia kalah dari Italia.

Pada laga pertama, rekor gol cepat 23 detik Nedim Bajrami ke gawang Italia tak cukup memberi Albania kemenangan. Albania justru kalah 1-2. Di laga kedua, gol-gol Qazim Laci dan Klaus Gjasula membawa Albania meraih hasil imbang 2-2 dengan Kroasia.

Menariknya, dua pertiga dari 26 pemain Albania di Euro 2024 lahir dan besar di negara lain. Yakni, lima pemain kelahiran Swiss yaitu Arlind Ajeti, Berat Djimsiti, Nedim Bajsrami, Medon Berisha, Amir Abrashi.

Lalu tiga pemain kelahiran Makedonia Utara, yakni Jasir Asani, Taulant Seferi, Naser Aliji.

Ada pula tiga pemain asal Kosovo (Etrit Berisha, Ardian Ismajli, Mirlind Daku). Dua pemain dari Yunani (Mario Mitaj, Tomas Strakosha) dan dua lainnya Jerman (Yiber Ramadani, Arber Hoxha). Lalu satu pemain kelahiran Spanyol (Ivan Ballu), satu Italia (Marash Kumbulla), dan satu Inggris (Armando Broja).

Albania juga mempunyai sejumlah pemain yang lahir di dalam negeri namun dibesarkan di luar negeri. Yakni, Rey Manaj dan Kristjan Asllani sama-sama berimigrasi ke Italia saat masih anak-anak. Klaus Gjasula dibesarkan di Jerman, dan Enea Mihaj dan Qazim Laci dibesarkan di Yunani.

Di babak kualifikasi, Albania tampil mengejutkan dengan memuncaki Grup E dengan 15 poin dalam 8 laga. Albania unggul head to head atas Rep. Ceko, yang juga punya poin 15, lalu Polandia (11 poin), Moldova (10 poin), dan Kepulauan Faroe (2 poin).*

Prediksi Starting XI 

Albania (4-2-3-1): Strakosha; Hysaj, Ajeti, Djimsiti, Mitaj; Ramadani, Asllani; Asani, Laci, Bajrami; Manaj. Pelatih: Sylvinho.

Spanyol (4-3-3): David Raya; Jesus Navas, Nacho, Laporte, Alex Grimaldo; Fermin Lopez, Martin Zubimendi, Fabian Ruiz; Ferran Torres, Alvaro Morata, Dani Olmo. Pelatih: Luis de la Fuente.

Komentar