nusabali

Enam Pemain Diaspora Dipanggil TC Timnas U-20

  • www.nusabali.com-enam-pemain-diaspora-dipanggil-tc-timnas-u-20

GIANYAR, Nusabali - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri akan memanggil 33 pemain, enam diantaranya diaspora untuk mengikuti tahapan pemusatan latihan (TC) lanjutan di Jakarta, seja Minggu (23/6).

Nama-nama pemain belum diumumkan, namun kemungkinan besar pemain yang ikut dalam turnamen Maurice Revello Cup, Prancis beberapa waktu lalu.

Termasuk pemain Bali United, Kadek Arel Priyatna dan enam pemain keturunan. Yakni, Jens Raven, Xavi Wouldstra, Mauresmo Hinoke, Kaya Symons, Dion Markx, dan Sacha Deighton.

Rencananya TC di Jakarta hingga 10 Juli. Setelah itu, skuad Garuda Muda bertolak ke Surabaya untuk menggelar pemusatan latihan lanjutan hingga AFF U-19 2024 digelar mulai 17-29 Juli.

"Rencananya di Jakarta kami akan menggelar tiga kali uji coba dan dua kali di Surabaya. Calon lawan uji coba nanti akan diumumkan," jelas Indra Sjafri, Sabtu (22/6).

Evaluasi pasca Maurice Revello Cup di Prancis pun sudah dilakukan Indra Sjafri. Meskipun tidak mengemas kemenangan, dia ingin melihat perkembangan anak asuhnya, termasuk enam pemain keturunan yang dipanggil.

"Saya juga melihat bagaimana tren sepakbola di dunia sekarang dengan more pressing, saya sebagai direktur teknik berpikir apakah filosofi possession progresif dengan tren sepak bola masa kini harus kita upgrade," ucap Indra Sjafri.

Indra juga ingin melihat bagaimana perkembangan enam pemain keturunan. Apakah layak masuk ke skuad Timnas U-19 di AFF U-19 atau tidak. Apalagi ajang itu awal untuk kualifikasi Piala Asia U-20 pada September.

Kebetulan Indonesia menjadi tuan rumah saat kualifikasi nanti. Namun mantan Pelatih Bali United tersebut enggan merinci evaluasi apa yang diberikan kepada enam pemain keturunan tersebut.

Selain Jens, lima pemain tersebut belum masuk proses menjadi WNI. Saat ini menurutnya proses kelima pemain tersebut sedang berjalan. Sedangkan target dan peluang di Piala AFF U-19, Indra Sjafri tampaknya ingin mengukir sejarah. 

Indra ingin merasakan juara kedua kalinya bersama Timnas U-19. Sebelumnya pernah saat era Evan Dimas dkk pada 2013. Selain itu Timnas U-19 ini jadi ketiga kalinya bagi Indra Sjafri. *

Komentar