nusabali

Portugal ke 16 Besar, Ronaldo Cetak Rekor

  • www.nusabali.com-portugal-ke-16-besar-ronaldo-cetak-rekor

DORTMUND, NusaBali - Portugal menyusul Jerman dan Spanyol lolos ke 16 besar Piala Eropa 2024 (Euro 2024) pada pekan kedua.

Ya, Portugal lolos usai melibas Turki 3-0 dalam laga kedua Grup F di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Minggu (23/6) dinihari WITA. Tiga gol Portugal dicetak Bernardo Silva (menit ke-21), bunuh diri Samet Akaydin (28) dan Bruno Fernandes (55).

Kini Cristiano Ronaldo dkk memuncaki klasemen Grup F dengan enam poin disusul Turki di peringkat kedua dengan tiga poin. Sedangkan Republik Ceko dan Georgia secara berurutan di peringkat ketiga dan keempat dengan masing-masing mengemas satu poin.

Dalam sistem babak grup Piala Eropa, dua tim teratas di masing-masing Grup A hingga F dalam klasemen akhir otomatis lolos ke 16 besar. Lalu empat slot tersisa diperuntukkan peringkat ketiga terbaik pada enam grup tersebut.

Selanjutnya Portugal akan menghadapi Georgia pada laga terakhir Grup F Euro 2024, Kamis (24/6), sedangkan Turki menjalani laga hidup mati kontra Republik Ceko pada hari yang sama.

Sementara kemenangan Portugal itu ditandai sukses Cristiano Ronaldo mencetak rekor lagi, meski masih belum mencetak gol dalam dua laga pertama di Euro 2024. Satu assist untuk Bruno Fernandes membuat CR 7 mencetak rekor lagi.

Assist Ronaldo dalam gol Bruno menorehkan rekor baru. Apalagi kalau dilihat dari momen gol tersebut, Ronaldo sebenarnya memiliki peluang emas mencetak gol sendiri, karena sudah berhadapan dengan kiper Turki, Altay Bayindir.

Namun, Ronaldo lebih memilih mengalirkan bola ke kiri, dan Bruno Fernandes pun menyambutnya dan membuat Portugal unggul 3-0 dalam momen tersebut. Assist tersebut yang ketujuh bagi Ronaldo di Piala Eropa (Euro).

Jumlah itu juga menjadikannya sebagai pemain palling banyak memberikan assist dalam sejarah turnamen Eropa tersebut. Lebih menarik, Ronaldo sosok pemain yang banyak memiliki rekor di Piala Eropa, termasuk rekor gol terbanyak beragam aspek. Ronaldo pemegang rekor gol terbanyak di putaran final Euro dengan 14 gol, gol terbanyak di fase kualifikasi, 41 gol, rekor pertandingan terbanyak dengan catatan gol, yaitu 10 pertandingan, dan masih banyak rekor lain.

Saat ini Ronaldo juga memainkan Piala Eropa keenam dalam kariernya. Dia tercatat mencatatkan gol dalam lima edisi Euro berbeda, dan kini tinggal menunggu gol untuk Piala Eropa edisi keenam yang akan membuatnya menambah rekor lagi. *

Komentar