nusabali

Perenang Bali Berlaga di AUG Surabaya

  • www.nusabali.com-perenang-bali-berlaga-di-aug-surabaya

JAKARTA, NusaBali - Perenang Bali, I Komang Gede Mas Dekotama Putra menjadi bagian perenang Indonesia yang berlaga dalam ASEAN University Games (AUG) di Surabaya-Malang, Jawa Timur, pada 25 Juni-6 Juli 2024. Dia akan mengikuti lomba di dua nomor, yakni 50 meter gaya bebas dan estafet 4x100 meter gaya bebas.

"Di AUG nanti, ada satu perenang Bali atas nama I Komang Gede Mas Dekotama Putra. Dia terpilih, karena lolos limit waktu dari data best yang ada," ujar pelatih renang Bali, Ni Putu Era Larasati atau biasa disapa Era, Minggu (23/6). 

Kini, Komang Dekotama masih di Pulau Dewata. Dia akan bergabung dengan perenang Indonesia lainnya pada Senin (24/6) ini, karena berangkat ke Surabaya pada Senin. Era mengatakan, selama ini penampilan Komang Dekotama bagus. 

Dari catatan waktu, Komang Dekotama memiliki waktu terbaik 23,67 detik di 50 meter gaya bebas. Catatan waktu tersebut, diraih perenang dari Klub Tirta Harapan ini di Kejurnas Renang 2023 lalu. 

Dengan catatan waktu itu, Era berharap Komang Dekotama dapat memetik hasil bagus ketika membela Indonesia di ajang kejuaraan antar mahasiswa di Asia Tenggara itu.

"Saya berharap Komang Dekotama memperoleh hasil yang terbaik dan mendapatkan best time baru," kata Era. 

Memang tidak mudah mendapatkannya, karena persaingan di AUG ketat. Rata-rata lawan kuat Komang Dekotama adalah para perenang dari seluruh ASEAN.

Meski begitu, Era yakin Komang Dekotama bisa memetik hasil bagus. Sebab, dia sudah menyiapkan diri dengan baik. Lantaran dia adalah atlet renang Bali yang lolos PON 2024 Aceh-Sumatera Utara. Di mana, atlet renang PON telah menjalani latihan di Kolam Renang Tirta Arum, Blahkiuh, Kabupaten Badung.

Oleh karena itu, dengan masuknya Komang Dekotama sebagai salah satu perenang di AUG sangat mempengaruhi dirinya dalam persiapan ke PON. Pasalnya, AUG bisa menjadi ajang bagi dirinya untuk try out di kancah pertandingan internasional. Apalagi, dia turun di dua nomor.

Satu di 50 meter gaya bebas. Kemudian satu lagi di estafet 4x100 meter gaya bebas bersama atlet dari daerah lain yakni Farrel Armandio Tangkas, Erick Ahmad Fathoni dan Joe Aditya Wijaya Kurniawan. Tercatat waktu terbaik mereka adalah 3:28,45. k22

Komentar