nusabali

Dewan Minta SMPN 6 dan SMPN 5 di Tabanan Dapat Perhatian Khusus

  • www.nusabali.com-dewan-minta-smpn-6-dan-smpn-5-di-tabanan-dapat-perhatian-khusus

TABANAN, NusaBali - Dewan Tabanan meminta SMPN 6 Tabanan dan SMPN 5 Kediri mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Tabanan. Hal tersebut wajib dilakukan untuk meningkatkan derajat sekolah supaya diminati oleh siswa dan orangtua.

Seperti diketahui SMPN 6 Tabanan dan SMPN 5 Kediri adalah sekolah baru yang didirikan oleh Pemkab Tabanan lima tahun lalu. Sekolah dibangun untuk mengatasi kekurangan sekolah tiap tahun ketika penerimaan peserta didik baru (PPDB) berlangsung. 

Sayangnya setiap hajatan PPDB, dua SMP tersebut masih ‘dinomorduakan’ dalam pemilihan sekolah oleh siswa maupun orangtua. Sehingga kerap kali dua sekolah ini dari segi jumlah siswanya tak memenuhi kuota dari yang ditarget. Artinya siswa masih berlomba-lomba ingin mendaftar di sekolah yang dianggap favorit. 

Ketua Komisi IV DPRD Tabanan I Gusti Komang Wastana, menegaskan  dua SMP baru ini memang harus menjadi perhatian khusus pemerintah. Sebab sarana prasarana harus dilengkapi lebih maksimal. 

“SMPN 5 ini kenapa tidak dapat DAK (Dana Anggaran Khusus) untuk pembangunan gedung lebih luas? Karena persyaratannya belum dipenuhi, seperti tidak memiliki ruang perpustakaan dan ruang laboratorium. Nah jadi ini harus dipikirkan daerah dan segera ditindaklanjuti,” kata Wastana, Senin (24/6). 

Disebutkannya, problem ini harus segera dituntaskan supaya tiap tahun dua sekolah tersebut mendapat siswa merata sama dengan sekolah lainnya. “Karena yang ditakutkan, ketika nanti jumlah tamatan SD melebihi dari saya tampung, maka jumlah kelas semakin gemuk. Dan ini tidak bagus dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” ucapnya. 

Untuk itu Komisi IV selaku pengawasan akan segera duduk bersama membahas hal tersebut. Pihaknya tak ingin permasalahan yang sama dalam setiap PPDB terus terulang.

“Segera kita duduk bersama untuk memberikan perhatian khusus kepada dua sekolah ini,” tandas Wastana, politisi PDI Perjuangan asal Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan. 7 des

Komentar