nusabali

Pawiba Mampu Layani Pasar Lokal

  • www.nusabali.com-pawiba-mampu-layani-pasar-lokal

Tak merasa tersaingi angkutan wisata luar Bali asal ikut menjaga tertib lalin

DENPASAR, NusaBali - Persatuan Angkutan Pariwisata Bali (Pawiba) mengaku tidak sampai kekurangan armada, melayani angkutan wisata pada musim liburan kali ini. Sebanyak 600 unit armada yang dimiliki anggota Pawiba cukup untuk melayani angkutan dari masyarakat yang berwisata. Terutama kalangan pelajar maupun masyarakat umum. Selain berwisata juga kegiatan ‘matirta yatra’.

“Tidak sampai kewalahan kita,” ujar Ketua Pawiba Bali, I Nyoman Sudiartha, Senin (24/6). Dikatakan angkutan Pawiba umumnya sebagian besar melayani penumpang atau wisatawan lokal daerah Bali. Sedangkan wisatawan domestik dari luar daerah, datang dengan menggunakan angkutan bus sendiri.

“Itu setiap tahun, setiap musim liburan demikian,” terangnya. Sugiartha mengaku, Pawiba tidak merasa  tersaingi dengan  banyaknya  kehadiran angkutan wisata  dari luar daerah yang beroperasi di Bali.

“Tidak, tidak .., karena masing-masing sudah segmennya,” tepisnya. Namun demikian, Sudiartha mengingatkan  angkutan pariwisata dari luar daerah agar ikut mendukung ketertiban berlalu lintas di Bali, untuk bareng ‘menjaga’ Bali sebagai daerah tujuan wisata yang aman dan nyaman. 

Untuk itu dia berharap perusahaan atau pemilik angkutan wisata luar daerah memenuhi persyaratan seperti perizinan dan kelaikan kendaraan atau armada. “Mungkin itu sudah, Tetapi kami juga ingin mengingatkan,” ujarnya.

Jika  angkutan maupun transportasi lancar dan selamat, tentu berimbas pada  kondisi dan citra Bali secara keseluruhan, yakni aman dan nyaman. Sebaliknya bila  terjadi peristiwa lalin misalnya, apalagi  fatal  jelas memberi dampak kurang mengenakkan bagi Bali.

“Jadi dalam konteks ikut bareng  mendukung  Bali sebagai daerah tujuan wisata yang aman dan nyaman,” terangnya. Pawiba, kata Sudiartha tentu  sudah mewanti dan tegas kepada anggota untuk memastkan izin dan kelayakan armada.

Jadi bukan hanya berharap kepada pihak eksternal, namun di internal (Pawiba) perizinan dan kelaikan kendaraan sudah pasti jadi atensi.  K17.

Komentar