nusabali

Tanpa STY, Erick Thohir Hadiri Drawing Kualifikasi Piala Dunia

Ketua PSSI dan Coach Mochi Bahas Perkembangan Sepakbola Putri Tanah Air

  • www.nusabali.com-tanpa-sty-erick-thohir-hadiri-drawing-kualifikasi-piala-dunia

JAKARTA, NusaBali - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan Ketua Umum PSSI Erick Thohir menghadiri langsung undian (drawing) Asian Football Confederation (AFC) untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2026 di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6).

"Kehadiran Erick Thohir akan menandai komitmen dan dukungan PSSI dalam menghadapi tantangan kompetitif di ranah sepak bola Asia," demikian PSSI dalam rilisnya, Senin (24/6).

Sedangkan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) tidak dapat turut hadir bersama delegasi PSSI karena sedang menjalani perawatan kesehatan. Setelah PSSI berkonsultasi dengan tim medis, diputuskan bahwa STY fokus pada proses penyembuhan selama 2-3 minggu.

Erick Thohir pun menyampaikan doa dan dukungan terbaiknya bagi kesembuhan STY, yang telah menorehkan sejumlah prestasi bagi timnas Indonesia.

Laga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan dilakoni timnas dari 18 negara, termasuk Indonesia. Ke-18 negara akan dibagi dalam tiga grup, dan tiap grup terdiri masing-masing enam tim. 

Peringkat satu dan dua setiap grup langsung ke Piala Dunia 2026. Sedangkan peringkat tiga dan empat bergabung lagi dalam dua grup untuk memperebutkan peringkat satu .

Skuad Garuda sendiri sedang dipersiapkan menghadapi 10 laga kualifikasi pada 2024 hingga Juni 2025 yang terdiri dari lima laga tandang dan lima laga kandang.

Sementara dalam kesempatan terpisah, Erick Thohir berdiskusi dengan pelatih tim nasional sepakbola putri Indonesia Satoru Mochizuki dan asisten pelatih anyar timnas Indonesia Takumi Tanuguchi mengenai perkembangan terkini timnas putri Indonesia di level junior dan senior usai melewati sejumlah turnamen internasional dan uji coba.

"Makan malam sekaligus diskusi dengan Coach Mochi untuk perkembangan timnas junior dan senior putri Indonesia. Hadir juga asisten baru Timnas Putri, Takumi Taniguchi," tulis Erick Thohir dalam akun Instagramnya, Minggu.

Saat itu, Erick juga mengajak makan malam dan memperkenalkan dua pemain diaspora dari Negeri Kincir Angin Belanda, Noa Leatomu dan Estella Loupatty. Noa dan Estella diproyeksikan bergabung skuad Srikandi asuhan coach Mochi. 

Noa Leatomu memiliki darah Indonesia dari ayahnya yang lahir dari pasangan suami-istri asal Maluku. Pemain 20 tahun itu bermain untuk KRC Genk dengan posisi gelandang/winger dan bek sayap/wing back.

Sedangkan Estella Loupatty yang berusia 20 tahun memiliki ayah blasteran Belanda-Maluku, dan ibunya memiliki darah Belanda-Argentina. Estella saat ini bermain untuk klub Jong Telstar Vrouwen dengan posisi sebagai gelandang/winger.

Selanjutnya, Timnas putri akan menjalani laga uji coba internasional pada Juli. Mereka bertandang ke Hong Kong pada medio bulan untuk melakoni dua laga yang masuk dalam jadwal FIFA matchday.

Hasil dari laga itu akan berpengaruh terhadap ranking FIFA untuk timnas putri Indonesia yang kini menduduki peringkat ke-107 dengan 1.191 poin atau naik 11,07 poin dari sebelumnya. ant

Komentar