nusabali

NasDem Pakai Dua Indikator Ajukan Kepala Daerah

Surya Paloh : Pilgub Bali Lancar-lancar

  • www.nusabali.com-nasdem-pakai-dua-indikator-ajukan-kepala-daerah

JAKARTA, NusaBali - DPP Partai NasDem gunakan dua indikator dalam mengajukan calon kepala daerah di Pilkada Serentak 27 November 2024 mendatang. Pertama adalah elektabilitas dan kedua kapabilitas. Tujuannya, guna mencari calon terbaik untuk diajukan sebagai kepala daerah. NasDem tidak bakal terpaku dengan pola mengusung calon dari kader sendiri jika ada tokoh yang dinilai lebih baik.

“NasDem, tidak selalu mengutamakan pencalonan semata mata dengan pendekatan kader. Kami mencari yang terbaik. Ada dua hal yang selalu menjadi referensi NasDem untuk menempatkan pilihan akhir, definitifnya. Satu faktor elektabilitas. Kedua, faktor kapabilitas,” ujar

Ketum Partai NasDem Surya Paloh usai menghadiri launching buku Pancasila di Rumahku karya anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Willy Aditya di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senin (24/6).

Seperti diketahui, salah satu kader dari NasDem, Ahmad Sahroni disebut-sebut akan maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta. Pria yang juga menjadi Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu akan maju jika Surya Paloh mengizinkannya. Menanggapi hal tersebut, Surya Paloh menyatakan, akan melihat terlebih dahulu probabilitas Sahroni.

Menurut Surya Paloh, Sahroni punya kapabilitas. Tapi, perlu pula dilihat elektabilitasnya. Terlebih bakal maju di Pilkada Jakarta. Oleh karena itu, harus memiliki kesiapan lahir dan batin serta melihat kondisi di lapangan.

Sejauh ini, kata Surya Paloh, dari informasi yang dia peroleh dari berbagai sumber, Anies Baswedan masih menempati posisi teratas dalam berbagai survei. “Memang saat ini, Anies Baswedan sangat dominasi skor berbagai survei. Rangking dia, nomor satu. Saya pikir, orang akan capek juga hadapi dia,” kata Surya Paloh.

Namun, NasDem belum menentukan siapa kelak yang akan diusung untuk Pilkada Jakarta. Sementara untuk Pilkada Sumatera Utara, NasDem mendukung menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution. Mengenai wakilnya, Surya Paloh menyerahkan langsung kepada Bobby untuk menentukan.

“Untuk cawagubnya belum, cari siapa saja yang paling baik. Kami serahkan kepada dia (Bobby),” ucap Surya Paloh. 

Sementara disinggung mengenai Pilgub Bali, apakah NasDem akan bergabung dengan KIM (Koalisi Indonesia Maju) dalam mengusung calon, Surya Paloh tidak menjawab secara spesifik. Dia hanya memastikan Pilgub Bali akan berjalan lancar. “Pilkada Bali berjalan lancar-lancar saja,” kata Surya Paloh singkat. k22

Komentar