nusabali

Pansus Perlindungan dan Pemberdayaan Usaha Mikro DPRD Badung Serap Aspirasi

  • www.nusabali.com-pansus-perlindungan-dan-pemberdayaan-usaha-mikro-dprd-badung-serap-aspirasi

MANGUPURA, NusaBali - Guna mendapatkan saran dan masukan dari berbagai pihak, Panitia Khusus (Pansus) Penyusunan Ranperda Inisiatif DPRD Badung tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Usaha Mikro menggelar serap aspirasi di DPRD Badung, Selasa (25/6). Langkah ini dilakukan sebelum pembahasan lebih lanjut mengenai ranperda inisiatif tersebut.

Serap aspirasi dipimpin Ketua Pansus I Wayan Luwir Wiana didampingi sejumlah anggota Pansus seperti Kadek Suastiari, Nyoman Gede Wiradana dan I Gusti Ngurah Saskara. Selain itu, kegiatan juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi, UKM Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana, Perbekel dan Lurah se-Kabupaten Badung, serta pelaku usaha mikro di Kabupaten Badung.

Ketua Pansus I Wayan Luwir Wiana, mengatakan dari penyerapan aspirasi tersebut banyak hal yang selama ini belum diketahui didapatkan. Salah satunya, banyak kendala di lapangan yang dihadapi dalam penyaluran produk. “Ini yang perlu kita matangkan terkait regulasi mengenai kendala-kendala yang mereka hadapi di lapangan sebagai usaha mikro. Kami akan bekerja sama dengan Kadis Koperasi UKM, Perdagangan,” ujarnya.

Luwir Wiana mengatakan, pemerintah Kabupaten Badung juga akan memberikan subsidi bunga kredit kepada usaha mikro melalui Program Subsidi Kredit Usaha Mikro Badung Sejahtera (Sidi Kumbara). “Dalam artian pinjaman tanpa bunga. Secara administrasi sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah Kabupaten Badung melalui leading sektor Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan. Semua persyaratan akan ditentukan melalui BPD Bali dan akan dikaji usaha mikro yang layak untuk mendapat pinjaman tersebut,” jelasnya.

Pihaknya meminta kepada Perbekel atau Lurah di Kabupaten Badung agar mendata usaha mikro yang ada di wilayahnya. Saat ini, sudah ada 100 usaha mikro yang terdaftar dan layak mendapat pinjaman. “Mudah-mudahan ke depannya bisa berkembang. Mudah-mudahan yang 100 ini usahanya bisa berkembang. Kami selaku anggota dewan akan selalu mengawasi,” katanya. @ ind

Komentar