nusabali

SMPN 2 Abang Raih 6 Gelar Juara FTBI

  • www.nusabali.com-smpn-2-abang-raih-6-gelar-juara-ftbi

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 2 Abang, Karangasem, meraih 6 gelar juara, dari 12 nomor lomba putra dan putri, dalam FTBI (Festival Tuan Bahasa Ibu) Karangasem 2024. Enam juara pada nomor lain diraih merata sekolah lain. FTBI Karangasem 2024 berlangsung serentak di SMPN 5 Amlapura, Jalan Cempaka, Amlapura, Selasa (25/6).

Kontingen SMPN 2 Abang mewakili Kecamatan Abang memenangkan juara di nomor bebanyolan (lawak) putra melalui I Komang Pande Juniantara, bebanyolan putri melalui Ni Kadek Heni, juara puisi bahasa Bali melalui I Kadek Merdeka, juara cerpen bahasa Bali I Kadek Arya, juara sekar alit putri Ni Putu Anindya dan putra I Gede Nando Mesiana.

"Kami mengirim delapan siswa, semuanya meraih gelar juara. Untuk nomor lomba cerpen bahasa Bali meraih juara 2 dan ngerupak (nyurat aksara Bali di daun lontar) juara III," jelas Kasek SMPN 2 Abang Dr I Wayan Sarya.

Disebutkan, nomor cerpen bahasa Bali meraih juara 2 melalui Ni Nengah Nindi Ari Putri, dan di nomor nyurat aksara Bali di lontar juara 3 melalui Ni Kadek Ratna Ananda Dwipaning. "Ternyata pembinaan di bidang sastra dan aksara Bali ini membuahkan hasil, kami apresiasi prestasi siswa dan guru pembina," tambahnya.

Dia berharap prestasi ini berkelanjutan dengan pembinaan berlanjut untuk mencari bakat-bakat siswa di setiap tahun ajaran baru. Sekolah yang juga memenangkan lomba di nomor nyurat aksara Bali di lontar, di nomor putra dimenangkan I Gede Putra Waisnawa dari SMPN 2 Selat skor 252,3, juara II I Putu Agus Eka Pramana dari SMPN 3 Manggis skor 244,4, dan juara III Ida Bagus Adi Putra Sudewa dari SMPN 1 Sidemen skor 238,1.

Sedangkan di nomor putri juara I, Pande Putu Silviari Aulia Candra dari SMPN 3 Manggis skor 258,8, juara II I Gusti Ayu Diah Darmayanti dari SMPN 3 Amlapura skor 255,8, dan juara III Ni Kadek Ratna Ananda Dwipaning dari SMPN 2 Abang skor 236,6.

Festival ini melibatkan dewan juri, antara lain untuk nomor menulis cerpen berbahasa Bali, yakni Dr I Made Regeg, Ni Wayan Adnyani SPd MPd, I Wayan Paing, dan I Wayan Gede Subrata. Lomba ini diikuti 12 siswa. Unsur-unsur yang dinilai, yakni keaslian dan kesegaran ungkapan, kesesuaian tema, ide dan gagasan, keutuhan cerpen, diksi, rancang bangun dan gaya bahasa, dengan tema: Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga.

"Kelemahan peserta pasang aksara, tata bahasa, termasuk sor singgihnya," jelas I Made Regeg. Anggota juri Ni Wayan Adnyani juga mengatakan demikian. "Sor singgih, belum sepenuhnya dipahami siswa, perlu dibina lebih banyak mengenai tata bahasa Bali," kata pengawas SMA di Disdikpora Provinsi Bali, ini.

Usai lomba para pemenang diumumkan.Namun hadiah lomba diterima pada puncak resepsi HUT ke-384 Kota Amlapura, Minggu (30/6).7k16

Komentar