nusabali

Komet Diusulkan Jadi Ketua DPRD Tabanan

  • www.nusabali.com-komet-diusulkan-jadi-ketua-dprd-tabanan

TABANAN, NusaBali - Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman ‘Komet’ Arnawa secara resmi diusulkan menjadi Calon Ketua DPRD Tabanan periode 2024-2029.

Keputusan ini diambil dalam rapat yang digelar DPC PDIP Tabanan di Sekretariat DPC PDIP Tabanan, Selasa (25/6). Rapat tersebut langsung dipimpin Ketua DPC PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Selain soal usulan nama calon Ketua DPRD Tabanan, rapat yang dihadiri sejumlah pengurus DPC tersebut juga membahas manuver Ketua PAC PDIP Kediri, Nyoman Mulyadi yang mendaftar sebagai bakal Calon Bupati (Cabup) Tabanan melalui Partai Golkar. 

Sekretaris DPC PDIP Tabanan, Nyoman Arnawa menegaskan rapat yang digelar DPC PDIP Tabanan ini membahas dua hal. Pertama terkait usulan nama calon Ketua DPRD Tabanan dari PDIP. "Dalam rapat itu yang diusulkan satu nama, saya sendiri selaku Sekretaris DPC PDIP Tabanan. Hanya mengusulkan satu nama saja," ujarnya, Rabu (26/6). Menurutnya, usulan nama calon Ketua DPRD Tabanan tersebut akan ditindaklanjuti atau disetorkan ke DPD dan DPP. Untuk selanjutnya nanti menunggu rekomendasi. "Kami belum mengetahui kapan rekomendasi ini turun, karena pusat yang memutuskan," tegasnya. 

Terkait dirinya yang diusulkan menjadi calon Ketua DPRD Tabanan, Arnawa menyebut bakal tunduk dengan perintah partai. Di manapun ditugaskan partai, siap untuk mengamankan. "Saya sangat tunduk apapun keputusan partai," katanya. Arnawa atau yang dikenal dengan nama Komet ini pun mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan DPC PDIP Tabanan yang telah mengusulkan namanya untuk mendapat rekomendasi bakal calon Ketua DPRD Tabanan. 

Dirinya diusulkan kemungkinan karena sudah dianggap layak, selain itu sudah dua kali menjabat Sekretaris DPC PDIP Tabanan. Kemudian sudah tiga kali juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PDIP Tabanan. "Saya ucapkan terimakasih kepada kawan-kawan," tandas Politisi asal Desa Mangesta, Kecamatan Penebel, Tabanan ini. 

Sementara di sisi lain terkait dengan manuver Nyoman Mulyadi juga telah dibahas dalam rapat pleno, Selasa. Rencananya Nyoman Mulyadi bakal dipanggil untuk klarifikasi. "Mungkin minggu depan dipanggil, kalau tidak Minggu bisa Senin. Saat ini teman-teman masih sibuk," tegas Arnawa. Jika nanti usulan DPC PDIP disetujui DPP PDIP, maka Nyoman Arnawa bakal menggantikan I Made Dirga yang saat ini juga lolos ke kursi dewan. Arnawa adalah politisi asal Desa Mangesta, Kecamatan Penebel yang lolos ke kursi legislatif dengan raihan suara 9.009 di Pileg 2024. Arnawa lolos ke kursi dewan dari Dapil III (Kecamatan Penebel-Baturiti). 

PDIP berhak atas jatah jabatan Ketua DPRD Tabanan, karena keluar sebagai jawara dalam Pileg 2024 di Tabanan. Berdasarkan hasil Pileg 2024, PDIP mendominasi 31 kursi dari total 40 kursi DPRD Tabanan atau kuasai 77,45 persen suara parlemen. Sedangkan Golkar menguasai 4 kursi, Gerindra 4 kursi, dan Demokrat 1 kursi. 7 des

Komentar