nusabali

Terus Latih Fisik-Wawasan Kebangsaan, Target Masuk Pasukan 8 Inti

Mengupas Perjuangan Ni Komang Tri Setia yang Lolos Jadi Paskibraka Nasional Wakili Bali

  • www.nusabali.com-terus-latih-fisik-wawasan-kebangsaan-target-masuk-pasukan-8-inti

Sejak kecil Komang Tri Setia memiliki minat di bidang organisasi, terutama baris-berbaris, seperti Polisi Cilik (Poci) saat TK lalu di SD ikut Pramuka baris-berbaris

SEMARAPURA, NusaBali
Siswi SMAN 1 Semarapura, Klungkung, Ni Komang Tri Setia,16, mewakili Bali sebagai Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Nasional pada peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, 17 Agustus 2024 nanti.

Tri Setia, sapaan akrabnya berharap terpilih masuk pasukan 8 inti yang bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Awalnya siswi kelahiran 28 Mei 2008 ini terpilih mewakili sekolah ikut test Paskibraka tingkat kabupaten, kemudian lolos seleksi tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Ketertarikannya ikut Paskibraka karena sejak kecil memiliki minat di bidang organisasi terutama baris-berbaris. Dimulai sejak TK, Tri Setia sudah mengikuti Poci, yaitu polisi cilik. Kemudian ketika duduk di bangku SD mengikuti Pramuka baris-berbaris. "Saya memperluas ilmu baris-berbaris di SMP dengan mengikuti lomba-lomba, setelah itu saya kembali mengikuti extra Paskibra di SMA untuk melatih mental dan fisik saya. Terakhir saya mengikuti tes Paskibraka," ujar Tri Setia saat dihubungi, Selasa (25/6).

Ni Komang Tri Setia bersama keluarga. -IST

Untuk bisa terpilih menjadi Paskibraka tingkat nasional banyak proses perjuangan dan latihan yang harus dilalui. Dia berlatih setiap hari untuk memantapkan fisik, kesehatan tubuh, mental dan juga tidak lupa belajar wawasan kebangsaan, intelegensia umum serta pengetahuan yang luas tentang Paskibraka. "Harus memiliki fisik dan kesehatan yang prima, selain itu kita juga harus memiliki rasa nasionalisme, wawasan pengetahuan, keterampilan, dan kedisiplinan yang tinggi," imbuh siswi yang beralamat di BTN Batu Asri, Desa Akah, Kecamatan/Kabupaten Klungkung ini.

Tri Setia bertekad akan berusaha mengikuti proses latihan dengan maksimal terlebih mendapat dukungan dari sekolah, yang nantinya akan bisa mengharumkan nama sekolah dengan memfasilitasi dan memberikan dukungan moral. Selain itu  support orang tua juga selalu mengiringinya di setiap kegiatan positif, memberikan motivasi dan semangat serta yang paling penting baginya doa dan restu. Kedua dukungan inilah yang membantu Tri Setia untuk lebih fokus dalam berlatih dan meningkatkan kemampuannya. 

Aktivitas belajar Komang Tri Setia. -IST

"Target posisi di Paskibraka Nasional adalah pasukan 8 inti," harap putri ketiga dari 4 bersaudara pasangan I Nyoman Subrata dan Yovita Magdalena Dewi Astuti Mitak ini. Tri Setia pun memiliki sebuah cita-cita menjadi taruni akademi kepolisian (Akpol). "Harapan saya ke depannya agar saya bisa menjadi salah satu anggota Polri, karena itu cita-cita saya sedari kecil," ujarnya.

Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Semarapura, I Putu Sudibawa, mengaku sangat bangga karena Tri Setia ini bisa menginspirasi teman-temannya, sudah bisa berbuat yang luar biasa untuk teman-teman seangkatannya. "Sekolah sangat mengapresiasi, ini merupakan kebanggaan sekolah karena 2 tahun berturut-turut bisa meloloskan siswanya menjadi Paskibraka nasional. Mudah-mudahan ke depannya bisa terus ada setiap tahun," ujar Sudibawa.

Untuk reward tetap ada dari pihak sekolah, baik berupa motivasi, berupa ucapan terimakasih. "Reward khusus dari sekolah juga kita berikan," ujarnya. Sebelumnya, Pj Bupati Klungkung, I Nyoman Jendrika melepas 10 orang putra-putri terbaik Kabupaten Klungkung untuk mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat Provinsi Bali, Senin (29/4). Mereka, yakni I Gusti Ngurah Ari Andika Putra dan Bhujangga Putu Gede Adi Wijaya dari SMAN 1 Banjarangkan, I Kadek Rian Putra Tanaya dari SMAN 1 Atap Lembongan, I Komang Andra Adi Jananda SMA Pariwisata Saraswati dan Gede Bagus Satrya Wibawa dari SMAN 1 Dawan. Paskibraka putri, yakni Tjokorda Istri Kanaya Anindia Puteri, Ni Komang Tri Setia dan Ni Komang Yunita Wirayanti dari SMAN 1 Semarapura serta Putu Ayu Trisna Maheswari dan Allyssya Kumala Theri dari SMAN 2 Semarapura.

Seperti diketahui pelajar dari SMAN 1 Singaraja, Buleleng A A Ngurah Panji Dharma Putra dan pelajar dari SMAN 1 Semarapura, Klungkung Ni Komang Tri Setia terpilih menjadi Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) di tingkat pusat. Mereka akan bertugas dalam upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 yang direncanakan berlangsung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Mereka terpilih setelah diverifikasi oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada 9-13 Juni 2024 di Jakarta.

"Berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana, setiap provinsi mengirimkan satu pasang Paskibraka untuk ke tingkat pusat. Tahun ini, setiap provinsi diminta mengirim dua pasang ke tingkat pusat karena mereka yang menentukan," ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata saat dihubungi NusaBali, Senin (24/6). 7 wan

Komentar