nusabali

Taman Perjuangan Dibangun Atas Aspirasi Veteran

  • www.nusabali.com-taman-perjuangan-dibangun-atas-aspirasi-veteran

TABANAN, NusaBali - Proyek Taman Perjuangan di Tabanan yang dibangun Pemkab Tabanan sedang dikebut. Bupati Tabanan Komang Sanjaya menargetkan proyek ini rampung tahun 2024. Taman Perjuangan ini dibangun bukan untuk gaya-gayaan melainkan berdasarkan aspirasi para pejuang atau veteran di Tabanan.

Bupati Sanjaya menegaskan Taman Perjuangan yang rencananya dibangun di eks Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) itu atas aspirasi dari veteran di Tabanan. Sesuai aspirasi tersebut taman ini dibuat karena sangat cocok. "Tabanan ini selain kota agraris, juga adalah kota pejuang. 

Satu-satunya kita punya TMP (Taman Makam Pahlawan) sehingga ada Puputan Margarana tahun 1946. Hampir 80 persen masyarakat Tabanan ikut berjuang. Untuk itulah Taman Perjuangan ini dibuat sebagai bagian dari wujud penghormatan," ujarnya, Rabu (26/5). 

Selain itu, tegas dia, sesuai kajian Pemkab Tabanan memiliki lahan berdekatan dengan Taman Makam Pancakatirta yakni di Kantor DLH Tabanan. "Dinas LH tidak representatif ada di kota. Truk-truknya menganggu, kemudian dilakukan riset sama Dinas PU dan tim ternyata cocok untuk dijadikan Taman Perjuangan," kata Bupati Sanjaya. 

Menurutnya, konsep Taman Perjuangan ini adalah taman yang dilengkapi pesawat tempur bekas dan kendaraan teng beserta 4 buah mariam bekas. "Senjata ini kami dapatkan lewat hibah. Kebetulan sama punya teman penerbang dan teng kami dapatkan lewat Pak Dandim Tabanan," terangnya. 

Dia berharap rancangan taman tersebut berjalan maksimal tanpa hambatan. Pembangunan tersebut ditarget tuntas tahun 2024. Dinas LH telah mengosongkan kantor yang dipindah sementara di wantilan Desa Adat Kota Tabanan sebelum ada gedung baru di Desa Gubug, Tabanan. "Doakan semoga segera rampung," pintanya. 7des

Komentar