nusabali

Bawaslu Bali Minta Media Berperan dalam Pengawasan Pilkada

  • www.nusabali.com-bawaslu-bali-minta-media-berperan-dalam-pengawasan-pilkada

DENPASAR, NusaBali - Anggota Bawaslu Bali, I Nyoman Gede Putra Wiratma mengatakan media memiliki peran krusial dalam persebaran informasi saat proses pemilihan. Dia berharap media juga berperan dalam pengawasan tahapan Pilkada Serentak 2024.  Hal itu ditegaskan Wiratma dalam Media Gathering yang digelar  Bawaslu Denpasar, Selasa (25/6).

“Dalam era di mana akses informasi menjadi kunci demokrasi yang sehat, media juga memiliki fungsi pengawasan, baik itu pengawasan proses elektoral, maupun pengawasan integritas dari penyelenggara itu sendiri,” ujar Putra Wiratma di hadapan wartawan yang hadir sebagai peserta.

Menurut Anggota Bawaslu Bali berbadan gempal ini, media memiliki sarana dengan cakupan yang luas. Hal itu menjadi pondasi terbaik dalam persebaran informasi. Baik berupa kebijakan pemerintah, maupun sebagai sarana dalam menjaga kemurnian hasil pemilihan nanti.

“Selain menjaga akuntabilitas, peran media dalam memeriksa dan menguji informasi yang disampaikan oleh para kandidat calon juga menjadi kunci dalam menghindari penyebaran informasi yang tidak akurat atau hoaks, yang dapat mempengaruhi keputusan pemilih,” tutur Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Bali ini dalam rilis Bawaslu yang diterima, Rabu (26/6).

Wiratma menuturkan bahwa dalam menghadapi tantangan dan polemik dalam Pilkada, kolaborasi yang kuat antara penyelenggara, media dan masyarakat menjadi kunci untuk mencapai kemajuan demokrasi yang inklusif.n nat

Komentar