nusabali

Kekuatan Puri Berpotensi Lahirkan Kejutan di Pilkada 2024

  • www.nusabali.com-kekuatan-puri-berpotensi-lahirkan-kejutan-di-pilkada-2024

DENPASAR, NusaBali - Pengamat politik Ni Made Ras Amanda Gelgel mengungkapkan bahwa kekuatan Puri di Bali yang secara historis memiliki abdi setia dapat menjadi faktor penentu dalam kontestasi politik yakni Pilkada 27 November 2024 mendatang.

“Bali memiliki sejarah, bahwa siapa pun yang mencalonkan diri diharapkan memiliki modal sosial, seperti keturunan raja di daerahnya. Kekuatan Puri di Bali masih sangat kuat, ini yang memungkinkan kalangan Puri untuk maju dalam Pilkada,” ujar Amanda dikonfirmasi, Rabu (26/6) malam.

Lebih lanjut, Amanda menjelaskan bahwa ‘kekuatan’ Puri di Bali tetap eksis hingga kini. Sehingga memungkinkan keturunan raja untuk diusung oleh masyarakat sebagai pemimpin. “Hubungan kekuasaan dan kesetiaan masyarakat pada yang 'berkuasa' masih sangat kuat, ini menjadi nilai plus untuk maju sebagai calon di pilkada mendatang,” tegas mantan jurnalis ini. 

Namun, Amanda juga mencatat bahwa dalam perkembangan politik saat ini, masyarakat Bali semakin cerdas dan selektif dalam memilih pemimpin. “Kita pernah menemukan masa-masa di mana pasangan-pasangan Pilkada adalah perpaduan antara tokoh Puri dan tokoh masyarakat biasa. Namun, seiring waktu, pembelajaran politik di masyarakat juga telah berkembang. Masyarakat kini mencari pemimpin yang tidak hanya memiliki kekuatan tradisional, tetapi juga latar belakang yang baik, kepedulian terhadap masyarakat, dan kiprah yang nyata selama ini,” jelas Amanda.

“Secara teori, ada model budaya modal sosial yang kuat di Bali. Hubungan antara Puri dan masyarakatnya merupakan modal sosial yang memiliki sejarah panjang dalam Pilkada Bali. Dalam perkembangan politik, masyarakat tidak hanya melihat sosok yang kuat dan berpengalaman, tetapi juga mereka yang memiliki latar belakang sejarah yang baik, kepedulian terhadap masyarakat, dan rekam jejak yang jelas,” ujarnya.

Ia menekankan bahwa meskipun kekuatan Puri masih kuat, dampaknya mungkin tidak sekuat masa lalu. “Kekuatan Puri tetap signifikan, namun mungkin dampaknya tidak sebesar dulu. Meskipun begitu, mereka memiliki pemilih yang loyal,” imbuh Amanda.

Saat ini, sejumlah bakal calon Bupati yang sudah muncul berasal dari kalangan Puri adalah Tjokorda Agung Sumara Wisesa dari Puri Klungkung yang didorong tarung di Pilkada Klungkung 2024, Prof Dr Tjokorda Gede Raka Sukawati, arsitek bade asal Puri Ubud, Gianyar yang didekati Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus dimotori Partai Golkar untuk maju di Pilkada Gianyar 2024. a

Komentar