nusabali

Pujawali di Pura Penataran Ped, Warga Rantau Pulang Kampung

  • www.nusabali.com-pujawali-di-pura-penataran-ped-warga-rantau-pulang-kampung

SEMARAPURA, NusaBali - Krama Kecamatan Nusa Penida, Klungkung di rantauan pulang kampung serangkaian pujawali di Pura Penataran Ped, Desa Ped, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Buda Wage Kelau, Rabu (26/6).

Dampaknya, pelabuhan tradisional di Desa Kusamba dan Desa Kampung Kusamba, Kecamatan Nusa Penida mengalami peningkatan penumpang. Selain warga lokal, para pamedek dari berbagai daerah di Bali juga tangkil ke Pura Penataran Ped. 

“Saya ke Nusa Penida untuk sembahyang serangkaian pujawali di Pura Penataran Ped,” ujar Putu Ari, Kamis (4/5). Memperlancar transportasi, personel Polres Klungkung melaksanakan pengamanan di sejumlah pelabuhan. Petugas juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar hati-hati membawa barang bawaan. Saat menyebrang agar menggunakan jaket pelampung yang disediakan pengelola boat. Anggota Polsek Nusa Penida juga melakukan pengamanan di areal Pura Penataran Ped.

Wakapolsek Nusa Penida, AKP I Nyoman Sudana, mengatakan bersinergi dengan Koramil 04 Nusa Penida dan pecalang untuk melaksanakan pengamanan di Pura Penataran Ped. Pengamanan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap kegiatan kemasyarakatan untuk mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas. “Sangat penting dilaksanakan agar kegiatan berjalan aman dan lancar karena ramainya pamedek keluar masuk pura. Perlu diatensi melalui pengaturan lalu lintas dan penatan parkir,” AKP Sudana.

Wakapolsek juga mengimbau pamedek yang bawa kendaraan agar parkir dengan rapi dan memeriksa barang bawaan agar tidak tertinggal. “Pastikaan kendaraan sudah terkunci untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar AKP Sudana. Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan, Polri wajib hadir di setiap kegiatan masyarakat. Hal ini merupakan salah satu wujud pelayanan keamanan. Harapannya kegiatan upacara keagamaan berjalan aman dan lancar. 7 wan

Komentar