nusabali

Dihidupkan, Trans Siswa Didanai Rp 4,5 Miliar

  • www.nusabali.com-dihidupkan-trans-siswa-didanai-rp-45-miliar

TABANAN, NusaBali - Siswa SMP dan orangtua di Tabanan akan sumringah kembali. Karena angkutan siswa gratis atau trans siswa yang sempat tak beroperasi, tahun 2024 akan dihidupkan kembali. Proses pengoperasian sudah masuk tender dengan anggaran Rp 4,5 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan I Made Murdika menegaskan proses tender angkutan siswa atau yang disebut trans siswa sudah masuk lelang. Sesuai rancangan, jika proses lelang berhasil, maka tahun 2024 trans siswa sudah bisa beroperasi. "Sekarang kami sedang menunggu siapa pemenangnya," ujar Murdika, Kamis (27/6). 

Disebutkan, sebagai persiapan telah disiapkan trayek maupun titik kumpul yang akan dijadikan pos oleh siswa. Hanya saja, dalam penerapan trans siswa ini masih melayani siswa yang berdekatan dengan trayek. "Artinya belum bisa mengcover trayek secara keseluruhan karena terbatasnya anggaran," jelasnya. 

Menurutnya, anggaran dalam penerapan trans siswa telah disiapkan sebesar Rp 4,5 miliar. Bahkan sesuai dengan pengkajian dan layanan trayek yang dihitung, diperlukan sekitar 205 angkutan kendaraan untuk melayani siswa. "Ya, mudah-mudahan proses lelang ini segera selesai sehingga lebih cepat trans siswa beroperasi," harap Murdika. 

Sebelumnya, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menyetujui trans siswa beroperasi kembali. Sebab sarana tersebut sangat dibutuhkan siswa dan orangtua. Selain membantu para orang tua dalam hal mengantar jemput siswa, trans siswa dibuat bagian dari menekan angka kecelakaan lalulintas di Tabanan.7des

Komentar