nusabali

216 Atlet Petanque Ikuti Walikota Cup

  • www.nusabali.com-216-atlet-petanque-ikuti-walikota-cup

DENPASAR, NusaBali - Sebanyak 216 atlet mengikuti Kejuaraan Pentaque Walikota Cup di Lapangan Lumintang, Denpasar, Kamis (27/6). Event yang digelar Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Denpasar itu menjadi ajang penjaringan dan pembinaan bibit atlet potensial.

Ketua Umum FOPI Denpasar, Agus Wirajaya mengatakan, Walikota Cup dilakukan setiap tahun dan berlangsung selama 14 tahun. Event ini bertujuan meningkatkan daya saing, prestasi atlet, menjaring atlet berbakat, serta menyalurkan bakat para atlet itu. Selain itu, juga mempererat hubungan antarklub dan para atlet. 

"Event ini rutin kita gelar setiap tahun. Ya, tujuannya tiada lain untuk penjaringan serta pembinaan atlet potensial untuk mewakili Denpasar pada berbagai ajang ke depannya," kata Wirajaya, dalam acara pembukaan.

Menurut Wirajaya, ada tiga kategori yang dipertandingkan dalam kejuaraan itu, yakni Tunas, Pratama dan Madya Utama. Sedangkan nomor yang dipertandingkan masing-masing, Single Putra, Single Putri, Double Putra dan Double Putri. Kejuaraan diikuti 216 atlet dari semua kategori. 

"Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari hingga 29 Juni. Saya berharap kegiatan ini berjalan lancar hingga penutupan nantinya," ungkap Wirajaya.

Lebih jauh Wirajaya mengatakan, Walikota Cup sebagai salah satu ajang terbaik dalam pembibitan atlet, termasuk petanque. Kegiatan itu mempertandingkan kategori tunas yang diikuti anak usia 10-15 tahun. Harapannya tahun depan kian banyak sekolah maupun klub ikut di kategori itu, sehingga 3-5 tahun ke depan Denpasar memiliki atlet petanque yang siap tampil dalam event lebih tinggi. 

"Atlet-atlet remaja sangat diperlukan. Sehingga, kita memiliki atlet berprestasi dan siap mewakili Denpasar atau Bali pada berbagai kejuaraan," harap Wirajaya yang juga anggota DPR Kota Denpasar ini.

Wirajaya menjelaskan, hari pertama penyisihan semua kategori dan nomor. Kemudian, pada 29 Juni masuk final semua nomor tersebut dan ditutup Wakil Walikota Denpasar, sekaligus pengalungan medali. dar

Komentar