nusabali

Komitmen Bawaslu Kawal Hak Pilih Masyarakat

Buka Posko Aduan Hingga Patroli

  • www.nusabali.com-komitmen-bawaslu-kawal-hak-pilih-masyarakat

DENPASAR,NusaBali - Ketua Bawaslu Bali, I Putu Agus Tirta Suguna sebut ketepatan data pemilih dalam sebuah sistem demokrasi bukan sekadar urusan administratif, namun merupakan jantung dari kesetaraan dalam partisipasi politik.

Menurutnya, dengan data pemilih yang memuat setiap warga negara yang berhak, proses pemilihan bukan hanya sebuah rutinitas, tetapi sebuah panggung di mana tiap suara memiliki kekuatan yang seimbang. “Untuk itu kami di Bawaslu selalu kawal hak suara masyarakat, selain membuka posko aduan masyarakat di tahapan coklit (pencocokan dan penelitian), kami juga akan lakukan patroli kawal hak pilih, ini bentuk komitmen kami menjaga hak suara pemilih,” kata Suguna selepas mengisi dialog interaktif di Stasiun TVRI Denpasar, Kamis (27/6).

Patroli kawal hak pilih ini lanjut Suguna, akan menyasar secara langsung pemilih rentan yang berpotensi terabaikan hak pilihnya dan berpotensi disalahgunakan hak pilihnya. Seperti pemilih disabilitas, lansia, serta masyarakat yang memang memerlukan advokasi terkait hak suaranya. “Kami akan maping dan datangi langsung, bukan hanya disabilitas saja, namun juga lansia, itu kan kelompok yang perlu fasilitas khusus dalam menggunakan hak suaranya, kita akan klasifikasi sesuai ragam disabilitas,” ujar mantan Ketua KPU Gianyar dalam pers rilis Bawaslu Bali, Kamis (27/6).

Suguna menegaskan bahwa komitmen Bawaslu Bali adalah memastikan setiap suara terdengar dan setiap warga negara memiliki kesempatan yang adil untuk berpartisipasi dalam pembentukan masa depan Bali.n nat

Komentar