nusabali

Herb Euphoria Fest Digelar di Bali, Pamerkan Kekayaan Herbal Nusantara

  • www.nusabali.com-herb-euphoria-fest-digelar-di-bali-pamerkan-kekayaan-herbal-nusantara

DENPASAR, NusaBali.com - Kementerian BUMN kembali menggelar Herb Euphoria Fest, yang kali ini diselenggarakan di Bali mulai 27-30 Juni 2024 bertempat di Living World Denpasar. Melalui Herb Euphoria Fest 2024, Kementerian BUMN dan BUMN Group berupaya memberikan edukasi mengenai kekayaan herbal Nusantara dan mendorong gaya hidup sehat secara alami, khususnya pada generasi muda Indonesia.

Acara ini menyusul kesuksesan pergelaran Herb Euphoria Fest pertama yang diadakan di Sarinah, Jakarta, 20-23 Juni 2024 lalu.

Bali dinilai sebagai kota yang tepat dalam pelaksanaan Bazar UMKM Untuk Indonesia kali ini yang mengangkat tema herbal khas Nusantara. Bali menjadi salah satu tempat yang memiliki ekosistem bisnis wellness yang kuat dan beragam seperti spa, retret kesehatan, meditasi dan pusat yoga, produsen kosmetik alami, hingga obat tradisional.

Herb Euphoria Fest merupakan bagian dari program Bazar UMKM untuk Indonesia yang bertujuan untuk mendorong pengembangan UMKM di Indonesia.

“Bazar UMKM untuk Indonesia merupakan inisiatif yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dengan dukungan BUMN Group untuk membantu UMKM dalam memperluas jaringan bisnis serta  meningkatkan pemasaran dan penjualan produknya” ujar Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting dalam sambutannya di acara Opening Ceremony Herb Euphoria Fest 2024, Kamis (27/6/2024).

Dukungan tersebut secara konsisten dilakukan oleh Kementerian BUMN dan BUMN Group melalui beberapa kegiatan, yaitu Dukungan UMKM Naik Kelas yang diberikan dalam bentuk pembinaan dan pendampingan melalui Rumah BUMN dan Program Inkubasi dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas UMKM. 

Di samping itu, dukungan lain yang turut diberikan adalah dukungan pembiayaan yang diberikan oleh BUMN Group, baik bank dan lembaga non-bank, serta dukungan pemasaran secara online melalui Platform Pasar Digital (PaDi) UMKM maupun secara offline melalui  jaringan Sarinah, penyediaan area komersil untuk UMKM pada infrastruktur publik milik BUMN, melibatkan UMKM di dalam rantai pasok BUMN, serta Bazar UMKM untuk Indonesia

Pelaksanaan Bazar UMKM Untuk Indonesia kali ini didukung oleh Bank Mandiri, Pelindo, Adhi Karya, Permodalan Nasional Madani (PNM), dan Perhutani.

Dalam konferensi pers pembukaan acara Herb Euphoria Fest, Regional CEO PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Winardi Legowo yang mewakili BUMN Penyelenggara menyampaikan, sebagai warga negara Indonesia harus bangga akan kekayaan sumber daya alam yang diolah ke dalam berbagai macam produk konsumsi yang bernilai ekonomi, khususnya produk-produk yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Winardi menambahkan, acara ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, termasuk pertumbuhan ekonomi di daerah melalui dukungan terhadap pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah agar dapat naik kelas.

“Herb Euphoria Fest 2024 bisa menjadi ‘katalog’ produk herbal yang akan menjawab pencarian masyarakat terhadap produk apa yang cocok untuk mereka konsumsi. Kami berharap, event ini bisa semakin mempermudah masyarakat dalam hal akses produk herbal, karena selain diadakan offline di Sarinah, Jakarta dan Living World, Bali, event ini juga dilangsungkan di online melalui platform Padiumkm.id,” ujar Winardi.

Bazar ini diikuti oleh 90 UMKM binaan BUMN Penyelenggara dengan lebih dari 100 jenis
produk olahan herbal, jamu, aromatherapy, makanan dan minuman, beauty and wellness, serta produk fesyen ramah lingkungan (eco print) dan kerajinan berbasis bahan-bahan alami yang dapat memukau pengunjung.

Selain bazar, terdapat beberapa program acara menarik yang dapat diikuti oleh para
pengunjung seperti Herbs Talkshow dengan tema ‘Herb is Our Lifestyle’ dan ‘Young Herbal Preneurship’ dengan subject matter expert yang ahli di bidang herbal seperti Kushandari Arfanidewi (Influencer Herbal Lifestyle), Shavira Arfanidewi (Influencer Herbal Lifestyle), Andhika Mahardika (Founder Agradaya), dan Ellida Pande (Founder Padma Herbal).

Pada Creative Workshop, peserta yang sudah melakukan registrasi akan mengikuti
pembelajaran seru mengenai ‘Jamu Mocktail Demonstration’ dengan pemateri oleh Ayu Aryani (Founder Rumah Reina Herbal) dan ‘Nature Artistry, Solid Perfume Making’ dengan pemateri dari Kala Sunara. 

Bazar UMKM kali ini juga akan mengadakan kompetisi meracik jamu, Juggling Jamu Mocktail oleh Ni Made Nustri dan Yoga Class oleh Ullie Iswara serta acara menarik lainnya yang dapat dinikmati pengunjung secara gratis, yaitu Pawai Herbal, Business Consulting, Wellness Program yaitu Free Flow Jamu dan Massage Corner.

Sebagai penutup rangkaian acara, akan ada penampilan spesial dari Guest Star kebanggaan Pulau Dewata, seperti Tika Pagraky, Meiska Adinda, dan Jun Bintang. 

Herb Euphoria Fest dibuka secara umum dari pukul 10.00 sampai dengan 22.00 Wita tanpa tiket masuk atau gratis. Informasi dan agenda kegiatan dapat dilihat melalui akun media sosial resmi Herb Euphoria Fest di Instagram @herbphoria.fest. *a

Komentar