nusabali

Lansia di Kutsel Dapat Vaksin Influenza

  • www.nusabali.com-lansia-di-kutsel-dapat-vaksin-influenza

MANGUPURA, NusaBali - Ratusan lansia di Kecamatan Kuta Selatan mendapatkan bantuan vaksin influenza gratis dari Biofarma, Jumat (28/6).

Kegiatan pemberian vaksin gratis ini berlangsung selama satu hari dari pukul 09.00 Wita hingga 12.00 Wita di Kantor Camat Kuta Selatan.

Kasi Pemberdayaan Masyarakat I Wayan Windiana menjelaskan inisiatif ini berasal dari Biofarma yang menghubungi pihak kecamatan untuk menawarkan vaksin gratis kepada lansia di wilayah tersebut. “Kami dari kantor camat dihubungi oleh pihak Biofarma mengenai pemberian vaksin gratis untuk lansia di Kecamatan Kuta Selatan. Kami di sini mengkoordinir dan memberikan informasi ke masing-masing desa dengan kuota 20 orang per desa,” ujar Windiana.

Dikatakan, pelaksanaan vaksinasi dimulai pukul 09.00 Wita dan hingga pukul 12.00 Wita. Sekitar 70 persen dari lansia yang diundang telah hadir, yang berarti sekitar 100 orang lansia sudah menerima vaksin. Antusiasme para lansia juga dirasa sangat tinggi untuk mendapatkan vaksin gratis ini. Pihaknya melihat semangat mereka yang hadir sangat luar biasa.

Proses vaksinasi dimulai dengan pemeriksaan kesehatan para lansia, termasuk pengecekan tekanan darah dan kadar gula darah, sebelum mereka menerima vaksin influenza. Kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat dan diharapkan dapat terus berlanjut di masa depan, mengingat pentingnya vaksinasi untuk mencegah penyakit, terutama bagi lansia yang rentan terhadap berbagai penyakit. Dengan adanya vaksinasi gratis ini diharapkan kesehatan lansia di Kuta Selatan semakin terjaga dan mereka dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih sehat dan aman.

“Harapan kami ke depan, karena ini adalah program yang baik di bidang kesehatan, kegiatan seperti ini bisa berlanjut. Kami ingin para lansia mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sofyan Adi Sanjaya, Corporate & Government Representative menyampaikan harapannya agar program vaksin ini bisa menjadi program berkelanjutan di Kabupaten Badung. Dia menjelaskan vaksin influenza ini sangat dianjurkan untuk lansia karena mereka rentan terhadap penyakit seperti diabetes mellitus dan hipertensi.

Sementara kegiatan di Kabupaten Badung ini merupakan inisiatif pertama dari Biofarma yang dilaksanakan di dua kecamatan, yaitu Kuta Utara dan Kuta Selatan. Target utama program ini adalah lansia, mengingat usia lanjut sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Program ini juga bertujuan untuk mengurangi risiko komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit-penyakit tersebut.

“Inisiasi ini merupakan kerja sama antara Biofarma dengan Pemkab Badung. Kami memaksimalkan pemberian vaksin ini pada bulan Juni. Tidak ada rentang usia tertentu untuk penerima vaksin, yang penting tidak ada alergi telur dan kondisi penerima dalam keadaan sehat dengan tekanan darah normal,” paparnya.

Vaksinasi yang dilakukan di Kantor Camat Kuta Selatan berjalan lancar, dengan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu sebelum vaksinasi dilakukan. Sofyan menyebutkan, dari vaksin yang disuntik itu tidak ada efek samping yang signifikan, hanya saja akan menimbulkan rasa nyeri di bagian penyuntikan. 

Sofyan juga menjelaskan bahwa efektivitas vaksin influenza ini berlangsung selama satu tahun karena Strain Virus Influenza dapat berbeda di setiap tahunnya. Oleh karena itu, penting bagi lansia untuk mendapatkan vaksinasi secara rutin.

“Kami berharap program ini dapat menjadi contoh yang baik dan bisa diadopsi oleh kabupaten lainnya di Indonesia. Kesehatan lansia adalah prioritas dan vaksinasi adalah salah satu langkah penting untuk melindungi mereka dari penyakit,” katanya. 7 ol3

Komentar