nusabali

10 Pasang Jegeg-Bagus Beradu di Final

  • www.nusabali.com-10-pasang-jegeg-bagus-beradu-di-final

AMLAPURA, NusaBali - Pemilihan Jegeg-Bagus Karangasem 2024 memasuki babak final dengan telah meloloskan 10 putra dan 10 putri. Puncak acara ini di panggung HUT ke-384 Kota Amlapura, Taman Budaya Candra Bhuana, Jalan Kapten Gebun, Amlapura, Sabtu (29/6) malam.

Peserta Jegeg-Bagus dari SMAN 1 Amlapura, sebagai juara bertahan, kembali akan bertekad mengawinkan gelar juara. "Final Jegeg-Bagus Karangasem 2024, kali ini dilaksanakan Sabtu (29/6), sekaligus mengisi serangkaian HUT Kota Amlapura," jelas Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Karangasem I Putu Eddy Surya Arta didampingi  Sekdis I Wayan Witrawan di Amlapura, Jumat (28/6).

Katanya, nanti seluruh finalis dihadirkan dan ditampilkan satu persatu, dengan beragam pertanyaan seputar Karangasem. Setiap pertanyaan mesti tuntas terjawab dalam waktu satu menit. Ada tujuh 7 anggota dewan juri yang memberikan penilaian atas jawaban peserta Jegeg-Bagus Karangasem 2024. Ketua Dewan Juri Ida Nyoman Basmantara SPd MPd MM, Ida Ayu Santhi Adnyani Dewi SM, I Wayan Dirsa Raditia SE, Ni Kadek Ayu Wiswari, Ni Luh Putu Lilyk Rahmawati, dr I Wayan Bagus Suadnyana, dan Anak Agung Bagus Ngurah Nararya Nata. Dari 10 pasang finalis akan diciutkan menjadi lima pasang, dan terakhir tiga pasang.

"Nanti Bupati I Gede Dana dan Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, yang ikut memberikan pertanyaan. Selanjutnya jawaban peserta dinilai dewan juri," katanya. Sedangkan yang masuk final, 10 jegeg dan 10 bagus, dari SMAN 1 Amlapura meloloskan tiga jegeg dan dua bagus. Tahun 2023, SMAN 1 Amlapura meloloskan enam siswa dan berhasil mengawinkan gelar juara. "Kali ini targetnya mempertahankan, untuk kembali kawinkan gelar juara Jegeg-Bagus Karangasem 2024," jelas Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana.

Sebab, persiapan, telah optimal, dan di SMAN 1 Amlapura ada ekstrakurikuler Jegeg-Bagus SMAN 1 Amlapura, tiap tahun juga memilih gelar Jegeg-Bagus SMAN 1 Amlapura, hasil pembinaan itulah diikutkan dalam lomba. Kelima siswa SMAN 1 Amlapura yang masuk final, yakni tiga jegeg, Putu Tasya Putri Adiestya, Ida Ayu Mita Maha Dewi dan Ni Nyoman Dea Puspita. Sedangkan dua  bagus yakni David Alfried Putra Arjuna, dan Putu Mahardika. 

SMAN 2 Amlapura juga meloloskan lima siswa, tiga jegeg dan dua bagus, ketiga jegeg itu, Ni Komang Nadila Anya Daniswari, Putu Adelia Nariswari, dan Ni Putu Ayu Mira Sugiawidari. Sedangkan dua finalis bagus, Ida Wayan Djisnu Putra Gotama dan Ida Bagus Putu Nanda Ganeswara. "Kami juga bertekad merebut gelar Jegeg-Bagus Karangasem 2024, tahun ini saatnya SMAN 2 Amlapura yang akan menang," jelas Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa.

finalis lainnya, untuk jegeg Ni Luh Eka Juliandari dari SMK Nusa Dua Toya Anyar, Kecamatan Kubu, Ni Putu Anggita dari STKIP Hindu Amlapura, Ketut Swidi Elvana Cantika dari SMAN 1 Kubu, dan Putu   Acyuta Artika Devi Saputra dari STT Dharma Laksana. Finalis bagus I Nengah Silent Budiarta dari SMKN 1 Amlapura, I Komang Galang Reka  Putra dari SMAN 1 Kubu, Bagus Aditya Eka Pramudya Baskara dari Saka Teruna Semarajaya, I Kadek Aditya Saputra dari STT Satya Wiguna Kecamatan Rendang, , I Gede Aditya Artha Pratama Putra dari SMAN 1 Selat, dan I Gede Anggayana dari STKIP Hindu Amlapura.

Gelar Jegeg-Bagus Karangasem 2023 dimenangkan SMAN 1 Amlapura, yakni Jegeg Karangasem  Ni Made Desi Awidya, siswi kelas XII IPA 3 SMAN 1 Amlapura, sedangkan Bagus Karangasem Komang Priyanka Supanji siswa kelas XI SMAN 1 Amlapura.7k16

Komentar