nusabali

Swiss Percaya Diri Depak Italia

  • www.nusabali.com-swiss-percaya-diri-depak-italia

Kami tidak bisa mengatakan kami favorit karena kami akan menghadapi Italia, namun hasil imbang melawan Jerman memberi kami kepercayaan diri yang besar dan kami tidak bisa bersembunyi.

BERLIN, NusaBali
Swiss percaya diri mampu mendepak juara bertahan Italia dalam laga 16 besar Euro 2024, Olympiastadion, Berlin, Sabtu (29/6) tengah malam, 24:00 WITA. Pelatih Swiss Murat Yakin menyebut timnya dalam kepercayaan diri yang besar melawan Italia. 

“Kami bermain untuk itu. Kami tidak bisa mengatakan kami favorit karena kami akan menghadapi Italia, namun hasil imbang melawan Jerman memberi kami kepercayaan diri yang besar dan kami tidak bisa bersembunyi," ujar Murat Yakin dikutip bola.com, dari Football Italia.

Swiss lolos sebagai runner-up Grup A dengan dua poin di belakang tuan rumah Jerman. Di grup itu, Swiss mencetak lima gol, kebobolan tiga, gol dan tak terkalahkan. Sedangkan Italia lolos secara dramatis dari Grup B. Setelah menang 2-1 atas Albania, lalu kalah 0-1 dari Spanyol, kelolosan Italia dipastikan oleh hasil imbang 1-1 kontra Kroasia.

Di Euro 2020, Italia bertemu dengan Swiss di fase grup. Saat itu, Italia menang 3-0. Kali ini, Italia berjumpa Swiss di 16 besar. Pemenangnya akan berhadapan dengan pemenang duel Inggris vs Slovakia di perempatfinal.

“Kami mengikuti pertandingan Italia dengan cermat, menganalisis taktik dan strategi, kami akan mendalami lebih dalam hari-hari ini. Sejujurnya kami tidak sabar menunggu. Mereka tidak dapat diprediksi, namun kami siap,"kata Murat Yakin.

Meski demikian, Murat Yakin menilai tak mudah Swiss mengalahkan Italia. Dia memberikan gambaran kekuatan Gli Azzurri yang punya kompetisi sepak bola yang baik dan pemain berkualitas.

“Itu menjadi tantangan besar. Kami melihat diri kami sendiri, namun tentu saja kami juga harus fokus pada lawan, tergantung di mana letak kekuatan dan kelemahan pemain Italia itu," kata Murat Yakin.

Murat Yakin optimistis para pemainnya dengan strategi yang tepat akan membuat Italia kewalahan dan tersingkir. Menurutnya, intensitas tinggi dan kemauan berlari membuat Swiss kuat belakangan ini. 

Sementara itu, bek legendaris Italia, Marco Materazzi menilai Swiss bisa menjadi batu sandungan tim asuhan Luciano Spaletti. Namun Materazzi menyebut Italia mampu melaju jauh di Euro 2024 jika berhasil memulangkan Swiss.

Materazzi memperingatkan skuad Italia bukanlah favorit juara dari para raksasa yang sudah ke 16 besar. Menurutnya, pesepakbola yang bermain di Liga Italia, Jerman, dan Inggris tetap dapat diandalkan. Swiss diperkuat para pemain seperti itu.

“Swiss membuat saya terkesan saat melawan Jerman karena kepercayaan diri dan bentuk mereka. Namun, masalah Italia bukanlah Swiss. Italia harus memastikan mereka tidak menjadi masalah,” kata Materazzi. *

Prediksi Starting XI 
Swiss (3-4-2-1): Sommer; Schar, Akanji, Rodriguez; Widmer, Freuler, Xhaka, Aebischer; Ndoye, Vargas; Embolo. Pelatih: Murat Yakin.
Italia (4-3-3): Donnarumma; Di Lorenzo, Darmian, Bastoni, Dimarco; Frattesi, Jorginho, Barella; Chiesa, Zaccagni, Pellegrini. Pelatih: Luciano Spalletti.

Lima Laga Terakhir
13/11/21 Italia 1-1 Swiss (Kualifikasi PD)
06/09/21 Swiss 0-0 Italia (Kualifikasi PD)
17/06/21 Italia 3-0 Swiss (Euro)
06/06/10 Swiss 1-1 Italia (Friendly)
13/08/09 Swiss 0-0 Italia (Friendly).

Komentar