nusabali

Kadek Richo Jalani Latihan Bersama Pesilat Indonesia

  • www.nusabali.com-kadek-richo-jalani-latihan-bersama-pesilat-indonesia

JAKARTA, NusaBali - Pesilat Bali yang masuk tim ASEAN Univeristy Games (AUG) Kadek Richo Dwi Paracara menjalani latihan gabungan bersama pesilat Indonesia lainnya di Malang, Jawa Timur, sejak Selasa (25/6). Kadek Richo sendiri menanti jadwal pertandingan pada 2-6 Juli 2024.

"Cabang olahraga pencak silat belum mulai tanding. Jadwal pertandingan 2 Juli nanti. Saat ini, saya sudah berada di Malang untuk pemusatan latihan AUG," ujar Kadek Richo, Jumat (28/6). 

Tercatat ada 25 pesilat dikerahkan mengikuti AUG. Kadek Richo satu-satunya pesilat asal Bali yang terpilih. Kadek Richo rutin latihan bersama pesilat lainnya, dua kali sehari, pagi dan siang. Waktunya pun menyesuaikan jam pertandingan.

"Karena kami tidak tahu jadwal pertandingan, jadi latihan terkadang jamnya berbeda agar kami terbiasa. Latihan pagi hari jam tujuh, nesoknya bisa jam sepuluh. Kalau sore jam dua atau jam tiga, besoknya bisa jam lima. Durasi kurang lebih dua jam," kata Kadek Richo.

Selama pemusatan latihan, para pesilat latih tanding dengan sesama pesilat Indonesia. Misal kelas laga A berpartner dengan pesilat B. Lalu pesilat C dengan D. Sedangkan Kadek Richo di kelas F latihan bersama pesilat di kelas E. Latihan dilakukan hingga Minggu (30/6). 

Bagi Kadek Richo, pemusatan latihan sekitar satu minggu sudah cukup. Pasalnya, mereka berlatih di daerah masing-masing untuk persiapan ke AUG. Di sini Malang tinggal mematangkan lagi.

Kadek Richo juga menyatakan, belum memantau lawan-lawan yang akan dihadapi, terutama di babak pertama. Menurutnya, semua lawan kuat sehingga tidak ingin memandang sebelah mata. Oleh karena itu, dia hanya fokus menjalani latihan agar memetik hasil bagus di AUG.

"Saya siap menghadapi pesilat mana pun di babak pertama. Namun, saat ini belum diketahui siapa lawan saya, karena technical meeting baru dilaksanakan Senin (1/7)," kata Kadek Richo. k22

Komentar