nusabali

Belum Cetak Gol, Ronaldo Mulai Diragukan Jadi Starter

  • www.nusabali.com-belum-cetak-gol-ronaldo-mulai-diragukan-jadi-starter

FRANKFURT, NusaBali - Pelatih Timnas Portugal Roberto Martinez diminta tidak memaksakan Cristiano Ronaldo menjadi starter di babak 16 besar Euro 2024. Sebab bintang sekaligus kapten tim itu tak kunjung mencetak gol dalam tiga laga di Grup F.

Bahkan Ronaldo sempat marah-marah saat ditarik keluar dan berujung pada kekalahan 0-2 Portugal dari Georgia di laga terakhit. Kondisi itu banyak pihak menilai dia tidak akan selalu bermain dalam sisa turnamen Euro 2024.

Ya, Selecao das Quinas, julukan tim Portugal, menyegel juara Grup F dengan enam poin, dan akan bertemu Slovenia di Deutsche Bank Arena, Frankurt, Selasa (2/7) dinihari WITA. Mantan striker Skotlandia, Ally McCoist pun mempertanyakan apakah Ronaldo harus jadi starter di setiap pertandingan Portugal.

“Saya tidak begitu yakin Cristiano Ronaldo harus menjadi starter di setiap laga Portugal, itu sesuatu yang perlu diperhatikan oleh Roberto Martínez," ujar McCoist. McCoist menghargai dedikasi Ronaldo yang tak tertandingi. Dia juga mengakui etos kerja Ronaldo adalah contoh sempurna bagi setiap pemain muda yang akan datang.
 
Komitmen Ronaldo pada permainan, tubuh, dan pola makannya punya standar dalam olahraga profesional. Keinginan Ronaldo untuk bermain setiap menit di setiap pertandingan masih baik. Namun, kenyataan fisiologi olahraga berarti atlet terhebat pun perlu menyesuaikan permainan seiring bertambahnya usia. “Dia tidak bisa bertahan selamanya," imbuh McCoist.

Manajer Portugal, Roberto Martínez menghadapi tugas sulit untuk mengatur waktu bermain Ronaldo. Martinez juga diminta memastikan Ronaldo tetap jadi aset tanpa mengorbankan dinamika tim secara keseluruhan. Menurut McCoist, Martínez kemungkinan besar akan memberikan waktu istirahat bagi Ronaldo.

Apalagi skuad Portugal memiliki banyak talenta muda yang mampu berbagi beban ekspektasi. Diantaranya, João Félix, Bruno Fernandes, dan Diogo Jota menawarkan opsi di lini depan, sekaligus menghadirkan energi segar dan gaya permainan yang bisa meningkatkan tim.*

Komentar