nusabali

Raih Akreditasi ‘Unggul’, Unmas Denpasar Masuk Jajaran Kampus Terbaik Indonesia

  • www.nusabali.com-raih-akreditasi-unggul-unmas-denpasar-masuk-jajaran-kampus-terbaik-indonesia

DENPASAR, NusaBali.com - Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar masuk jajaran kampus top di Indonesia. Buktinya, ‘kampus hijau’ ini baru saja meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Rektor Unmas Denpasar Dr Drs I Made Sukamerta MPd mengatakan, dari total 4.400 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia, sebanyak 103 perguruan tinggi sudah terakreditasi Unggul dari BAN PT, dan Unmas menjadi satu di antara 103 kampus tersebut.

Bahkan Unmas menjadi perguruan tinggi swasta pertama (PTS) di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur yang berhasil meraih akreditasi Unggul tersebut. 

"Untuk di wilayah Bali, NTB, dan NTT, kami menjadi perguruan tinggi swasta yang pertama meraih akreditasi Unggul," kata Rektor Made Sukamerta kepada awak media, Jumat (28/6/2024). 

Ia bersyukur atas perjuangan dan dedikasi dari segenap civitas akademika yang telah berhasil menorehkan akreditasi Unggul yang datanya telah dirilis BAN PT pada 14 Juni 2024. Menurut Sukamerta, prestasi ini tidak terlepas dari sumber daya manusia yang dimiliki Unmas Denpasar, yang terdiri dari 122 doktor dan 14 guru besar yang lahir dari rahim Unmas Denpasar.

Unmas Denpasar saat ini telah memiliki 28 program studi (sarjana dan pascasarjana) yang terbagi dalam 9 fakultas. Bahkan pada Juli 2024 akan membuka S3 Manajemen.

Sampai saat ini, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dan Fakultas Farmasi Unmas Denpasar masih menjadi primadona para calon mahasiswa baru. Unmas juga telah memiliki Fakultas Kedokteran yang telah menerima mahasiswa sejak 2023.


Dengan akreditasi Unggul yang telah diraih, Sukamerta berkomitmen untuk semakin meningkatkan mutu dari perguruan tinggi yang dipimpinnya. Sukamerta menambahkan bahwa pihaknya akan selalu memperbaiki Tridharma Perguruan Tinggi di Unmas Denpasar ke arah yang lebih baik.

"Kami akan mendorong program studi yang sudah meraih predikat Unggul untuk mencapai tingkat internasional. Meski tantangan ini berat, kami memiliki semangat untuk mewujudkannya,” ujarnya. 

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerja Sama Unmas I Komang Budiarta SPd MPd MHum menambahkan, penilaian BAN-PT dilakukan selama tiga hari berturut-turut melalui visitasi di Kampus Unmas Denpasar.

Ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi perguruan tinggi agar meraih predikat Unggul, yakni terkait jumlah prodi yang mendapatkan akreditasi Unggul, dokumen penjaminan mutu, sistem pelaksanaan penjaminan mutu dan publikasi internasional.

Mengenai publikasi dosen yang dimuat pada jurnal internasional bereputasi, Unmas Denpasar mencatatkan 179 publikasi dosen dalam waktu tiga tahun. "Dengan 179 publikasi dosen itu nilainya sudah 4, padahal yang diminta BAN PT nilainya cuma 3. Jadi, itu salah satu alasan kenapa Unmas Denpasar bisa meraih akreditasi Unggul," ujar Budiarta.

Mengacu pada pencapaian predikat Unggul tersebut, Unmas Denpasar saat ini sedang menyusun roadmap joint research (peta jalan penelitian bersama) dengan para mitra di luar negeri. *cr78

Komentar